23 Santri Rumah Tahfidz di Wisuda, Kecamatan Kepenuhan Siap Jadi Pilot Projek Program Rohul Menghafal

23 Santri Rumah Tahfidz di Wisuda, Kecamatan Kepenuhan Siap Jadi Pilot Projek Program Rohul Menghafal

Eksistensi Rumah Tahfidz Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang berkomitmen menciptakan generasi penghafal Alquran, mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Rohul. Hal itu dibuktikan dengan diterbitnya Peraturan Bupati (Perbup) tahun 2020 tentang Program Rohul Menghafal Alquran.

Bahkan Pemerintah Kecamatan Kepenuhan dan Pengelola Rumah Tahfidz Kepenuhan siap menjadikan Kecamatan Kepenuhan sebagai Pilot Project atau percontohan dalam melaksanakan Program Rohul Menghafal Alquran.

Pernyataan itu disampaikan Camat Kepenuhan Gustia Hendri S.Sos usai mengikuti Wisuda Karantina angkatan 1 Rumah Tahfidz Kepenuhan, di Gedung Pertemuan Kota Tengah, Kecamatan Kepenuhan, Selasa (5/1/2021).

Lanjut Gustia, sesuai dengan Perbub Rohul tahun 2020, Bupati Rohul sangat mensupport Program Rohul Menghafal. Dalam Perbup itu Kepala Desa bisa menganggarkan ADD untuk mengutuskan warganya untuk karantina Tahfidz Alquran.

“Beliau sangat mensupport Program Menghafal, karena di Perbup tersebut masing-masing Kepala Desa mengalokasikan ADD untuk mengirim kader-kader terbaik pada masing-masing Desa Rohul untuk mengikuti Karantina Tahfidz Quran,” ujarnya.

“Karena kemarin kita juga sudah menyampaikan kepada Pak Bupati untuk mensupport Program Rohul menghafal ini, jadi tidak ada alasan lagi Kepala Desa tidak ada anggaran, jadi memang sudah disiapkan anggarannya melalui ADD,” jelasnya.

Ia menjelaskan secara yuridis untuk memberikan payung hukum kepada Desa untuk menganggarkan ADD untuk mengikuti Program Rohul Menghafal, “Kita Kecamatan Kepenuhan siap sebagai Pilot Project atau percontohan. Karena 16 Kecamatan nampaknya di Kecamatan Kepenuhan Rumah Tahfidz ini aktif dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Rumah Tahfidz Kepenuhan H. Zulyadaini mengatakan, Wisuda Angkatan I melalui Karantina Rumah Tahfidz Kepenuhan tujuan digelarnya Wisuda ini untuk memberikan motivasi kepada santri-santri dan orangtua lainnya.

“Kenapa kita adakan wisuda-wisuda ini dengan tujuan untuk memberi motivasi terhadap santri-santri dan orangtua lainnya, karena kita harus membuat seni tentang Alquran, seni itu banyak macam dan caranya, agar bergema Alquran itu ditengah masyarakat,” paparnya.

Dia mengaku jumlah santri Karantina Angkatan I di Rumah Tahfidz Kepenuhan berjumlah 23 orang dan telah menamatkan hafalannya 15 juz selama dua bulan.

“Alhamdulillah jumlah santri kita yang mengikuti Karantina Angkatan I Rumah Tahfidz Kepenuhan ini berjumlah 23 orang dengan menamatkan hafalannya 15 juz,” jelasnya.

H. Zulyadaini berharap khususnya Desa-Desa di Kecamatan Kepenuhan untuk membuat Rumah Tahfidz di Desa-Desa masing-masing. “Tapi intinya semua Desa di Kecamatan Kepenuhan ini harus ada Rumah Tahfidznya, harus diinstruksikan melalui Camat, karena apapun kegiatan kita, dibidang sosial dan keagamaan ini kalau tidak ada campur tangan kekuasaan kurang berjalan, butuh imbauan secara tegas,” tuturnya.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu