Bupati Bersama Kapolres Kembali Resmikan Kampung Tangguh Nusantara Ke Dua Di Kec.Bonai

Bupati Bersama Kapolres Kembali Resmikan Kampung Tangguh Nusantara Ke Dua Di Kec.Bonai

Bupati Rohul H. Sukiman Bersama Kapolres AKBP. Taupfiq Lukman Nurhidayat SIK Resmikan Kampung Tangguh Nusantara ke Dua Di Kec.Bonai Darussalam yang bertempat di Desa Sontang yang berguna meningkatkan Ketahanan Pangan bagi Masyarakat di tengah Pandemi Covid-19, Selasa (15/9/2020).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Rohul H. Abdul Haris, Camat Bonai Darussalam Setiono, Kades Sontang Zulfahrianto, serta Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat Desa Sontang.

Ditengah Pandemi Covid-19 yang melanda hingga ke seluruh penjuru Kab.Rohul yang menyebabkan kekurangannya sektor pangan ditengah masyarakat selama Pandemi, maka di Era Kenormalan baru ini demi memulihkan kembali keadaan Sektor pangan, Pemerintah Daerah bersama Polres Rohul giatkan progam kampung tangguh Nusantara atau program jaga Kampung dengan bersama sama masyarakat untuk bisa memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami yang nantinya dapat dimanfaatkan bersama.

Kapolres Rohul AKBP. Taupfiq Lukman Nurhidayat SIK dalam sambutannya berharap melalui program ini agar Bagaimana kita bisa menjadi masyarakat yang selalu produktif ditengah pendemi Covid-19, dengan memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami demi meningkatkan ketahanan pangan.

"Dengan adanya penanam jagung lebih kurang 1 Hektar di desa Sontang ini bisa membantu menjaga ketahanan pangan ditengah pendemi ini, serta bisa membuat roda ekonomi terus berputar," jelas Kapolres.

 Dirinya juga berharap kedepan agar program ini bukan hanya cukup sampai disini namun dilakukan berkelanjutan bila mana ada lahan yang tidur agar dapat ditanami dan dapat dimanfaatkan.

Kapolres juga menghimbau kepada Kecamatan lain melalui Kapolsek, yang mana terlibat dalam program ini ada tiga pilar yakni Bhabinsa, bhabinkamtibmas dan Kades untuk dapat mengakomodir kelompok tani di desa masing-masing sehingga program ini dapat berjalan dengan baik sehingga dapat membantu masyarakat dalam menangani permasalahan di masa Pandemi Covid-19 ini.

Sebelum Dengan sambutannya Bupati Sukiman terlebih dahulu menyerahkan KTP kepada Kades sebanyak 115 Keping, serta memberikan sembako, dan dilanjutkan dengan penyerahan BLT oleh Kades Sontang yang di saksikan secara langsung oleh Bupati Sukiman dan Kapolres Rohul.

Selanjutnya Bupati Rokan Hulu H. Sukiman Mengatakan kepada seluruh masyarakat agar kiranya progam Kampung Tangguh Nusantara ini bisa memberikan contoh dalam penanganan ketahanan pangan supaya masyarakat dapat memanfaatkan lahan lahan kosong agar bisa ditanami dan dimanfaatkan.

"Kita sangat mendukung program ini dan semoga bisa menjadi contoh bagi masyarakat, sebab jika contoh nya baik dan hasilnya bisa dinikmati bersama sama hal ini tentu akan kita dorong kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki, terkait bibit Pemerintah sendiri yang akan menyiapkan, dengan syarat benar benar dimanfaatkan dengan baik," jelas Sukiman.

 Sebagai Orang No.1 Di Rohul ini, Sukiman juga Selalu mengingatkan kepada masyarakat agar selalu mentaati protokol kesehatan, terutama di masa new normal ini yang banyak menyebabkan masyarakat lalai dengan penerapan protokol kesehatan, oleh karena itu hal ini akan selaku disampaikan sampai masyarakat benar benar memiliki kesadaran sendiri untuk mentaati protokol kesehatan.

Tidak lupa juga Bupati Sukiman mensosialisasikan terkait perbub penggunaan masker yang mana jika tidak menggunakan maka akan diberikan sanksi ringan namun jika terdapat masih melanggar ketentuan tersebut maka akan diberikan sanksi berat berupa denda 250 ribu rupiah.

Perbub ini dibuat dengan tujuan agar muncul kesadaran dari diri untuk selalu mentaati protokol kesehatan dengan selalu menerapkan 3 M ( Menggunakan Masker, Mencuci tangan dan Menghindari kerumunan).

Sementara itu Kades Sontang Zulfahrianto mengatakan bahwa yang memicu dilakukan nya progam kampung tangguh Nusantara di Desa Sontang adalah yang mana adanya Musibah Covid-19 dan dengan adanya program dari Polres melalui Kapolsek untuk mengadakan kampung tangguh Nusantara, oleh karena itu dari dari pihak Desa sendiri kami mengapresiasi dengan baik program ini."Dengan hal ini juga kami menyiapkan lahan satu hektar lengkap dengan pos posnya dan termasuk kolam ikan juga kami persiapkan yang mana bibit untuk kolam ikan ini telah ditebarkan oleh Bupati bersama Kapolres dan Sekda sebanyak lebih kurang 20 ribu ekor," jelas kades.

Zulfahrianto juga menambahkan bahwa untuk kedepannya akan menyiapkan penambahan lahan jika memang progam ini bisa berkembang dan meningkatkan ketahanan pangan khususnya bagi masyarakat Desa Sontang.

Usai dengan sambutannya Bupati Sukiman Didampingi Kapolres Rohul, Dan Sekda Rohul , Camat Bonai dan Kades Sontang untuk melakukan penanaman Jagung di Kampung Tangguh sekaligus menebarkan bibit ikan gurami ke kolam kampung tangguh.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu