Didukung Bupati H. Sukiman, Warga Pagar Mayang Manfaatkan Potensi Desa Dibidang Peternakan Untuk Tingkatkan Kesejahteraan

Didukung Bupati H. Sukiman, Warga Pagar Mayang Manfaatkan Potensi Desa Dibidang Peternakan Untuk Tingkatkan Kesejahteraan

Untuk mendukung pelaksanaan Program Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas andalan Negeri), Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendukung masyarakat untuk mengembangkan usaha dibidang Peternakan dalam mewujudkan swasembada daging, seperti yang dilakukan Kelompak Peternakan Sapi Karya Jaya, Desa Pagar Mayang, Kecamatan Tambusai Utara.

Bentuk dukungan itu, Pemkab Rohul telah memberikan bantuan Sapi, melakukan pemeriksaan sapi, Inseminasi Buatan, Pemeriksaan kebuntingan sapi dan pembinaan kepada kelompok peternakan. 

Ketua Kelompok Peternakan Karya Jaya, Karyadi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Rohul, karena dibawah kepemimpinan Bupati Rohul H. Sukiman yang komit dalam mendukung peternakan sapi didaerah transmigrasi serta Program Infrastruktur lainnya.

“Saya selaku masyarakat Pagar Mayang sangat gembira bercampur terharu sekali, Program Bupati sudah banyak terealisasi didesa ini, apalagi desa ini sebentar lagi akan diaspal, sejak transmigrasi 1982," ujarnya.

"Harapan kami juga semoga pak Bupati bisa menambah sapi kami di Kelompok Karya Jaya, untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Karyadi dalam sambutannya dikegiatan Kunker Bupati Rohul H. Sukiman, di Desa Pagar Mayang, Kecamatan Tambusai Utara, Rabu (16/9/2020).

Tambah Karyadi, jumlah sapi yang dikelola Kelompok Karya Jaya saat ini berjumlah 560 ekor dengan Jenis Sapi Bali. Ia mengaku alasan mengembangkan Peternakan menyesuikan potensi di Desa Pagar Mayang.

“Kami mengembangkan dibidang Peternakan Sapi di Desa Pagar Mayang karena ini sangat potensi dibidang Peternakan Sapi, karena alam disini mendukung apalagi ada perkebunana PT Hutahahean,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pagar Mayang Yanto S.Hut mengatakan Pemdes Pagar Mayang siap mendukung masyarakat dalam pengembangan peternakan Sapi. Diakuinya sudah beberapa tahun pihaknya melakukan pemetaan untuk menggali potensi yang bisa dikembangkan didesanya selain Pertanian dan Perkebunan.

“Kami mensupport warga dalam pengembangan peternakan sapi, setelah dilakukan pemetaan untuk mengetahui produk unggulanyang cocok dikembangkan didesa Pagar Mayang adalah disektor Peternakan selain Perkebunan dan pertanian,” kata Yanto.

Dari pengembangan 560 ekor sapi, Yanto berharap kedepan pihaknya bisa pengadaan sapi, yang nantinya akan disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Pagar Mayang untuk memberikan bantuan sapi.

“Bentuk dukungan Pemdes, kami nanti akan menyusun RKP untuk memberikan bantuan kepada 4 kelompok ternak sapi, mudah-mudahan bisa membantu 2 ekor sapi satu kelompok. Karena kita juga dibantu dari Pemkab sebanyak 7 ekor Sapi. Potensi yang besar ini akan dikelola Bumdes sehingg roda perekonomian dari peternakan sapi ini bisa untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Yanto.

Sementara itu, Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan Pemkab Rohul komitmen untuk mendukung para peternak dalam mengembangkan usaha ternak sapi. Karena Untuk pengembangan sapi ternak ini sudah mulai berkembang dibeberapa Desa, seperti Desa Pasir Makmur, Desa Pasir Agung dan desa lainnya di Rohul.

“Kita sangat mendukung sekali kelompok ternak sapi di Desa-Desa, kesuksesan dalam pengembangan hewan ternak sapi ini menjadi salah satu indikator keberhasilan disektor Peternakan. Untuk itu, kami minta kepada Kelompok ternak dan Peternak sapi untuk lebih bersemangat dalam mengembangbiakkan ternaknya,” ujarnya.

Mantan Dandim Inhil mengaku optimis bisa mewujudkan 1 KK 1 ekor Sapi di Desa Pagar Mayang, pasalnya dengan jumlah sapi 560 ekor, sapi ini bakalan terus berkembang dan berproduksi setiap tahunnya.

“Jumlah penduduk Desa Pagar Mayang lebih kurang 600 KK, sementara jumlah sapi sebanyak 560 ekor, jika sapi ini sudah berkembang, jumlahnya akan semakin bertambah dan bisa merealisasikan 1 KK 1 ekor sapi untuk warga Pagar Mayang ini,” kata Sukiman.

“Masyarakat lain juga ikut bersama untuk menguatkan Program ini, Pemkab akan berusaha membantu menyesuaikan kemampuan keuangan daerah ditengah Pandemi Covid-19 saat sekarang ini,” tambahnya.

Bupati H. Sukiman bersama Kepala OPD, Kades Pagar Mayang dan Kelompok ternak menyempatkan meninjau lokasi ternak sapi. Bahkan orang nomor satu di Rohul ini juga melakukan penyuntikan Inseminasi Buatan ke sapi-sapi milik Kelompok Ternak Karya Jaya.

Dikegiatan Kunkernya ke Desa Pagar Mayang, Bupati Sukiman juga menyerahkan 107 Sertifikat tanah dari Program TORA BPN Rohul. Serta menyerahkan kelengkapan Administrasi Kependudukan seperti KK, e-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA).


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu