Dukung Ketahanan Pangan Dengan Optimalkan SDA, Dinas PUPR Manfaatkan 4 Irigasi Besar Untuk Kebutuhan Pertanian di Rohul

Dukung Ketahanan Pangan Dengan Optimalkan SDA, Dinas PUPR Manfaatkan 4 Irigasi Besar Untuk Kebutuhan Pertanian di Rohul

Untuk mengantisipasi terjadi krisis Pangan ditengah Pandemi Covid-19, Strategi yang dilakukan Pemerintah mendorong para pelaku dunia usaha bidang pangan dan pertanian di daerah untuk berkontribusi menjaga ketersediaan stok bahan pangan.

Upaya memenuhi kebutuhan pangan didaerah ini juga tidak terlepas dari Sumber Daya Air (SDA) yang memadai. Untuk mendukung peningkatan ketahanan pangan melalui pendekatan tata kelola kolaborasi baik antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Web Seminar (Webinar) dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se Indonesia, dalam upaya Peningkatan Peran Kelembagaan Pengelolaan SDA dan Irigasi dalam mendukung Ketahanan Pangan.

Untuk Pemkab Rohul, diikuti perwakilan Dinas PUPR Rohul melalui Kabid Pengairan Arisman ST dan Perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul. Sementara ditingkat Pusat, dihadiri Plh. Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si, Subdit Perencanaan OP dan Kelembagaan Kementerian PUPR, Sekda Prov, Bupati/Walikota se Indonesia.

Pada kesempatan itu, Plh. Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si menjelaskan sesuai Surat Edaran Mendagri Nomor 050/13402/SJ dan 050/13403/SJ, Seluruh Pemda (Provinsi dan Kabupaten/Kota) Mendukung 5 (lima) Fokus Kerja Presiden sebagai Acuan Program Prioritas Daerah yang disusun dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah (RPJMD dan RKPD) dan dokumen penganggaran daerah (APBD).

“Salah satunya Pembangunan Infrastruktur sumber daya air sebagai bagian dari Urusan Pemerintah Daerah. Peran Pemda dalam Penguatan Kapasitas kelembagaan Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Dan Irigasi,” ujarnya.

Lanjut Dirjen Bangda, ada lima peran Pemda dalam Peningkatan Peran Pemerintah Daerah Dalam Penguatan Kapasitas Kelembagaan Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Dan Irigasi, diantaranya Integrasi Kelembagaan Koordinasi Pengelolaan SDA Dan Irigasi Dalam Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah.

“Selain itu, Dukungan Alokasi Anggaran Melalui APBD dan Sumber Pendanaan lainnya yang Sah, Optimalisasi Peran Sekretariat Kelembagaan Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Dan Irigasi Pengembangan Sistem Informasi Kelembagaan Sumber Daya Air,” katanya.

Tambahnya, Peran Pemda harus dipandang sebagai bagian dari solusi penguatan Kapasitas, Kelembagaan Koordinasi dan Pengelolaan Sumber Daya Air. Peran Pemda dalam penguatan kelembagaan koordinasi sangat strategis guna mendukung capaian target Program Prioritas Infrastruktur Pelayanan Dasar tahun 2021.

Target Program Prioritas Infrastruktur Pelayanan Dasar 2021, seperti Infrastruktur Pelayanan Dasar, kegiatan Prioritas seperti Penyediaan Akses Air Minum dan Sanitasi layak dan aman, Pengelolaan air Tanah dan Air Baku Berkelanjutan, Ketahanan Kebencanaan Infrastruktur.

Usai Webinar, Kepala Dinas PUPR Rohul Anton ST MM melalui Kabid Pengairan Arisman ST kepada Media Center Diskominfo Rohul mengatakan Pemkab menyambut positif Webinar yang digelar oleh Kemendagri dalam upaya untuk membangun dan mendukung ketahanan pangan khususnya di Rohul. Melalui Kebijakan Pemerintah tahun 2021 menargetkan Program Prioritas Infrastruktur Pelayanan Dasar.

“Kita sangat menyambut positif Webinar yang dilaksanakan Kemendagri ini, memang ini belum ada bantuan, tapi melalui Kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah dalam mata anggaran peningkatan kelambagaan SDA Tahun 2021, mudah-mudahan Rohul mendapat porsi dari kebijakan Pemerintah Pusat tersebut,” harap Arisman.

Ia juga berharap kepada Pemerintah memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan Sumber Daya Air dalam mendukung Ketahahan Pangan di Rohul. Untuk Kabupaten Rokan Hulu sendiri, Pemkab telah mengoptimalkan 4 Irigasi yang menjadi kewenangan Kabupaten, untuk memenuhi pasokan air untuk keperluan Pertanian.

“Irigasi besar yang menjadi kewenangan Kabupaten ada 4, yang terdiri dari Irigasi di Menaming, Irigasi Sei Perak, Irigasi Sei Palis, dan Irigasi Banjar Bolak. Kita harapkan melalui pendekatan kolaborasi tersebut tidak hanya berlangsung dalam perumusan kebijakan melainkan juga dalam pelaksanaannya bisa terealisasi. Termasuk dalam pengelolaan sumber daya air dalam mendukung ketahanan pangan di Rohul,” harap Arisman.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu