Hadiri Program Sikomandan, Sukiman : Berternak Sapi Berikan Kesejahteraan Bagi Masyarakat

Hadiri Program Sikomandan, Sukiman : Berternak Sapi Berikan Kesejahteraan Bagi Masyarakat

Dalam Rangka Mendukung Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) di Desa Pasir Agung Kec.Bangun Purba, Untuk menjaga kwalitas dan kesehatan hewan ternak yang bisa jadi akan dijadikan Qurban pada Lebaran Idul adha nanti, maka dari itu Bupati Rokan Hulu H. Sukiman lakukan peninjauan sekaligus memberikan suntikan berupa suntikan kawin serta vitamin untuk menjaga kwalitas hewan Sapi, dalam kegiatan Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan ( Yandukeswan), Jum'at (24/7/2020).

Hadir bersama Rombongan Bupati, tampak Ketua TP-PKK Rokan Hulu Hj. Peji Herawati Sukiman, Sekretaris Daerah Rokan Hulu H. Abdul Haris, Ketua Dharmawanita Hj. Netty Haris, Pejabat Eselon II, Camat dan Kepala Desa Pasir Agung serta Masyarakat anggota Kelompok Ternak.

Ketua Kelompok Ternak Tunas Muda Minsahri dalam laporannya menyampaikan adapun jumlah Sapi yang ada pada kelompok Tunas Muda ada 1340 Ekor.

Ketua kelompok menyampaikan harapan kepada Bupati Rohul yang mana jika masih ada bantuan harap Kelompok Tunas Muda juga bisa dibantu namun jika bisa memilih Jangan diberi bantuan Sapi Ras Bali akan tetapi sapi ras lain dengan alasan sapi Bali sangat mudah terserang virus Jembrana yang saat ini masih dalam status awas.

Pada kesempatan ini juga, Bupati Sukiman merasa bangga akan keuletan masyarakat yang mana rajin dan gigih dalam memelihara sapi, sebab tanpa keuletan dan kerajinan dalam mengurus Ternak maka apapun bantuan yang diberikan sapi ras apapun tidak akan pernah berkembang.

"Saya bangga yang mana dari 50 Ekor Sapi bisa berkembang hingga mengapai 1300 lebih sapi yang ada, jika benar benar rajin maka saya yakin masyarakat kita khususnya dan Daerah kita pada umumnya akan sejahtera dari hasil ternak sapi ini," ungkap Sukiman.

"Saat ini akan memasuki Lebaran Idul Adha yang merupakan Lebaran Qurban maka ini merupakan peluang besar bagi peternak yang mana akan bisa menjual sapi ternaknya untuk dijadikan Qurban tentu juga dengan keadaan sapi yang sehat dan berkualitas," tambah nya.

Menanggapi apa yang di harapkan seperti apa yang disampaikan Ketua Kelompok Ternak Tunas Muda, Bupati minta kepada Kepala Dinas Perternakan agar mengajukan permintaan tersebut bisa di penuhi pada tahun 2021 berupa sapi mental atau sapi lain.

Selanjutnya Bupati Sukiman melakukan penyuntikan kepada sapi ternak didampingi tim kesehatan Hewan dengan menyuntikkan Suntikan Kawin serta Vitamin bagi Sapi ternak.

Selanjutnya Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Rokan Hulu saat diwawancarai menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan serba bisa atau Yandukeswan yang mana memang sudah waktunya dilakukan penyuntikan yang mana akibat Covid 19 yang menjadi kendala, baru kali inilah waktu yang bisa dilakukan dan sekaligus dihadiri oleh Bupati.

Kadis menambahkan bahwa di Kec. Bangun Purba ada 7 Desa yang belum mendapatkan pelayanan dua Desa yakni Pasir Agung dan Pasir Intan, dalam artian setelah pasir agung ini juga akan dilakukan pelayanan penyuntikan Sapi Ternak Di Desa Pasir Intan.

Adapun jumlah sapi yang ada di Pasir Agung ini sekitar 1300 Ekor lebih diantarnya 900 Ekor sapi betina dan 400 Ekor lebih sapi jantan, jelas Agung.

Terkait kendala yang dihadapi masyarakat akan ternak sapi Bali ini merupakan penyebaran Virus Jembrana yang mana sejak tahun 2008 terjadinya penyebaran Virus Jembrana yang menyerang sapi sapi Bali, bahkan sampai saat ini di Provinsi Riau Khususnya di Rokan Hulu sendiri status Virus Jembrana masih dalam status siaga.

"Virus Jembrana ini merupakan virus yang hanya menyerang sapi jenis Bali dan tidak akan menular pada sapi jenis lain bahkan ke manusia, hal ini yang menjadi kehawatiran masyarakat khususnya Pasir Agung yang mana dari 6 kelompok yang ada Nota Bene jenis sapinya berupa Sapi Bali," jelas Agung.

Selanjutnya terkait permohonan masyarakat akan bantuan sapi jenis lain akan diupayakan jika anggaran memadai maka akan terpenuhi segala harapan dari masyarakat tersebut, tutup Agung.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu