Kemendagri Dorong Penyelenggara Siapkan Fakta Integritas untuk Bapaslon Pilkada 2020 Komitmen Ikuti Protokol Kesehatan

Kemendagri Dorong Penyelenggara Siapkan Fakta Integritas untuk Bapaslon Pilkada 2020 Komitmen Ikuti Protokol Kesehatan

Menindaklanjuti Rapat Koordinasi (Rakor) Menkopolhukam dan Mendagri beberapa waktu lalu, dalam rangka Koordinasi Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 dalam Pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Sebagai bentuk upaya memperkuat penegakan hukum dan penanganan Covid-19, Pemerintah melalui Kemendagri mendorong kepada penyelenggara untuk menyiapkan fakta integritas kepada Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) sebagai komitmen untuk mengikuti Pilkada yang aman sesuai Protokol Kesehatan.

Untuk mensosialisasikan kepada Kabupaten yang mengikuti Pilkada, Kemendagri menggelar Rakor melalui Video Conference (Vidcon) yang diikuti 71 Pemkab/Pemko. Sementara untuk Pemkab Rohul diikuti Perwakilan Diskominfo melalui Kasi Tata Kelola e-Governmen (e-Gov) Darwis S.I.Kom dan staf PIKP Diskominfo Rohul.

Dalam Vidcon itu, Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri Drs. Akmal Malik, M.Si mengatakan Kemendagri telah membentuk 27 tim untuk memonitor daerah rapat koordinasi terkait Sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 pada Pilkada Serentak 2020.

Tim itu sekaligus mendorong para kontestan untuk menandatangani Pakta Integritas yang berisi komitmen kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Ia mengaku timnya terus bekerja melakukan pengawasan kepada semua daerah yang tengah melaksanakan Pilkada serentak di tahun 2020. Tim akan melakukan evaluasi mana daerah yang telah melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah.

Lebih lanjut dikatakannya, Sesuai dengan arahan Mendagri Tito Karnavian, pakta integritas yang sudah hanya memuat soal kepatuhan dan kesepakatan komitmen pilkada Damai. Untuk itu dia meminta agar pasangan calon membuat pakta integritas yang berisikan komitmen mematuhi protokol Covid-19.

"Beberapa waktu lalu telah diteken pakta Integritas, tapi isinya kepatuhan atau kesepakatan komitmen untuk pilkada aman dan damai. Tapi ini tidak, Pakta Integritas untuk pelaksanaan sekaligus kepatuhan terhadap protokol Covid-19 dalam pelaksanaan Pilkada 2020," pungkasnya.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu