Lantik Pengurus IPHI Rohul, Bupati H. Sukiman : IPHI Sebagai Wadah Pembinaan dan Keteladanan Umat

Lantik Pengurus IPHI Rohul, Bupati H. Sukiman : IPHI Sebagai Wadah Pembinaan dan Keteladanan Umat

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman resmi melantik Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Rohul Periode 2019-2024, di Convention Hall Islamic Rohul, Selasa (15/9/2020).

Pelantikann dan Pengucapan Ikrar Pengurus IPHI Rohul ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) IPHI Riau Nomor : 46/SKEP/PW-IPHI/II/2019 tentang Komposisi dan Personalia Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Rohul.

Yang disaskikan Ketua IPHI Riau Drs. H. Asyari Nor, SH., MM, Wakil Ketua IPHI Riau Drs. H. Auni M. Noor, Bendahara IPHI Riau H. Bahtiar Madjid, Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Syahruddin M.Sy, turut juga dihadiri Pengurus IPHI Kecamatan se Rohul.


Dengan telah dilantiknya Pengurus IPHI Rohul, Bupati Rohul H. Sukiman berharap IPHI Rohul dapat mengemban amanah sebagai pembinaann dan keteladanan umat, sekaligus memberikan kontribusi positif dibidang keagamaan, pasalnya sejak berdirinya IPHI sudah cukup banyak berkiprah dibidang sosial, ekonomi dan keagamaan.

“Selamat kepada Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Rohul yang baru saja dilantik. IPHI dibentuk berawal dari keinginan para haji untuk meningkatkan persatuan, keimanan dan ketaqwaan, serta amal nyata dalam upaya melestarikan kemabruran hajinya,” kata Sukiman.

Mantan Dandim Inhil ini berharap Pengurus IPHI Rohul yang dilantik dapat membangun kebersamaan dan memberi contoh keteladanan dalam bidang ketaqwaan dan keagamaan, apalagi IPHI merupakan salah satu organisasi yang bergerak melakukan pembinaan umat.

“Dalam melaksanakan program kerja nantinya, IPHI Kabupaten Rohul harus dapat membangun sinergitas dengan Pemkab Rohul dan juga melakukan konsolidasi dengan anggotanya untuk menentukan program kerja,” ujarnya.

“Saya yakin, para Haji maupun Hajjah adalah tokoh agama yang dibutuhkan umat, sebab memiliki fungsi yang strategis sebagai pengayom dan contoh tauladan dalam  berkehidupan di tengah masyarakat,” tambah Sukiman.


Ketua IPHI Riau Drs. H. Asyari Nor, SH., MM melalui Wakil Ketua IPHI Riau Drs. H. Auni M. Noor kepada awak media mengatakan bahwa eksistensi IPHI dapat memobilisasi dan menjadikan sebagai wadah dari seluruh anggota Haji dan Hajjah yang sangat bermanfaat dan menggerakkan dan membantu masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan ummat.

Mantan Wakil Bupati Rohul ini mengaku banyak program-program dari IPHI yang dapat membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara umum, khususnya anggota IPHI itu sendiri yang sangat besar orang-orang Haji itu orang mampu.

“Karena potensi ini coba kita satukan karena kita harus berprinsip kalau kita ingin maju kita itu harus kuat, untuk kuat kita harus bersatu dan kita harus tetap terus menjalin silaturahmi memperbanyak dan memperteguh kesatuan ummat,” ujarnya.


Terkait dengan Program yang akan dikembangkan, Lanjut H. Auni, yaitu namanya Warung Haji, karena program ini dibidang jenis usaha sembako yang lebih murah dan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

“Kita coba ini dari kelompok haji itu sendiri dari masyarakat bila kita membantu supaya kita memperbanyak warung warung Haji ini bisa membuat dan berkontribusi dalam memberikan kebutuhan masyarakat yang sangat mendasar,” katanya.

Ia juga meminta Pengurus IPHI Rohul untuk melakukan Inventarisasi dan Administrasi, karena pendataan ini sangat penting untuk menentukan potensi, karena dengan adanya data yang lengkap akan memudahkan pelaksanaan program.

Untuk mewujudkan Program Warung Haji ini mendapat respon positif dari Bendaraha IPHI Riau H. Bahtiar Madjid, Ia menyewakan Rumah Toko (Ruko) untuk Pengurus IPHI Kabupaten Rohul. Selain itu ia juga siap memberikan bantuan usaha dibidang pertanian.

“Kami siap mensewakan ruko, dibawah bisa untuk Warung Haji menjual sembako, diatasnya untuk Kantor IPHI Rohul,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua IPHI Rohul H. Fhatanalia Putra S.Sos mengatakan menjadi Pengurus IPHI ini merupakan amanah yang berta, karena untuk membangun kashalehan sosial itu susah. Untuk itu dirinya minta bimbingan dan dukungan dari Pengurus IPHI Riau.



“Karena kita membangun keshalehan pribadi itu sudah susah apalagi membangun keshalehan sosial, maka amanah yang sangat berat ini saya mohon tunjuk ajar dan mohon dukungan dari seluruh anggota IPHI, oleh sebab itu saya siap mewakafkan diri saya untuk IPHI Rohul yang lebih baik,” pintanya.

Kepala BKPP Rohul ini berharap kedepannya akan melakukan konsolidasi administrasi organisasi termasuk juga di kecamatan, kemudian pendataan anggota.

“Untuk tahap awal kemudian Kantor juga harus kita persiapkan, mendata anggota IPHI Rohul, kita menginginkan semuanya bisa dengan kekompakan mudah-mudahan bisa Program yang direncanakan bisa tercapai,” ujarnya.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu