Lestarikan Makanan Khas Rohul, TP PKK Rohul Masak Kokek Baka hingga Misero

Lestarikan Makanan Khas Rohul, TP PKK Rohul Masak Kokek Baka hingga Misero

Sebagai upaya untuk mempertahankan dan melestarikan Kuliner tradisional khas Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kepada generasi muda, Selasa (13/10/2020) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Rohul menggandeng Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Rohul menggelar Demo Masak Kuliner Khas Rohul.

Kegiatan Memasak Kuliner Khas Rohul itu dipimpin langsung Pjs Ketua TP PKK Rohul Tengku Reny Azmahrani S.Pi dan Ketua DWP Rohul Hj. Netti Herawati S.Kep, Pengurus DPC PPJI Rohul. Untuk mengeksplor masakan khas Rohul itu, TP PKK Rohul juga menggandeng GenPI Riau, yang di Ketuai Tanty Ekasari SS M.Si.


Pantaun Media Center Diskominfo Rohul, terlihat Pjs Ketua TP PKK Rohul bersama Ketua DWP melakukan Demo ataupun cara memasak masakan khas Rohul, yang ditayangkan Live melalui Yotube Media Center Diskominfo Rohul, yang juga diikuti PKK Kecamatan secara Virtual.

Dari Demo Masak Kuliner Khas Rohul itu, Pjs Ketua PKK menjelaskan cara memasak Gulai Pucuk Seminyak Ikan Salai, Kokek Baka (Bakar_Red) Asam Durian, Misero (Minuman Sepodeh Rokan) dan Kudapan Kue Kelopak Joriang (Jengkol).

Pjs Ketua TP PKK Rohul Tengku Reny Azmahrani S.Pi saat diwawancarai Media Center Diskominfo Rohul mengatakan, Demo Masak Kuliner Khas Rohul ini dengan tujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan kuliner khas Rohul.

"Acara Demo masak ini masih bersempena dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Ke-XXI," kata T. Reny.

Lanjutnya, dalam Demo masak kuliner khas Rohul itu ada 4 Jenis masakan, diantaranya Gulai Pucuk Seminyak Ikan Salai, Kokek Baka Asam Durian, Minuman Sepodeh Rokan (Misero) dan Kudapan Kue Kelopak Joriang.

"Tadi sama-sama kita saksikan secara langsung yang ditayangkan Live juga, seperti menu tradisional mulai dari Gulai Pucuk Seminyak Ikan Salai, karena pucuk seminyak mash banyak di Rohul," ujarnya.

"Kemudian menu kedua, Kokek Baka Asam Durian, dimana asam durian ini juga produk asli dari Rohul, kemudian menu yang ketiga khusus minuman sepodeh rokan (Misero)".

"Terakhir kami juga membuat kudapan kue kelopak joriang yang terbuat dari tepung adonan, santan kemudian di kasih inti kelambie (kelapa)," jelas T. Reny.


Pengurus DPD PPJI Riau ini juga mengatakan melalui Demo Masak Kuliner Khas Rohul ini juga untuk memperkenalkan kepada masayarakat dan generasi penerus, agar makanan khas Rohul ini tetap eksis ditengah masyarakat.

"Tadi kita juga menampilkan langsung praktek cara memasak 4 menu tersebut, agar lebih memasyarakatkan lagi, memang rata-rata kita ibu-ibu rumah tangga sudah pada tau, Cuma mungkin supaya lebih luas lagi untuk agar diketahui masyarakat umum maka kita praktekkan," katanya.

T. Reny berharap Misero ini bisa diproduksi oleh pengusaha yang tergabung dalam PPJI dan masyarakat Rohul pada umumnya, karena minuman ini berkhasiat untuk kesehatan tubuh, apalagi ditengah Pandemi Covid-19.

"Insyallah kita dirumah-rumah selalu membikinnya, cuman kalau yang Misero ini baru ya, mungkin kedepannya insyaallah bisa kita produksi agar bisa dinikmati atau menjadi sajian disetiap rumah di Rohul, apalagi sekarang dalam masa pandemi Covid-19 sangat bagus sekali Minuman Sepodeh untuk kesehatan tubuh kita," pungkasnya.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu