Melalui Program “Jemput Bola”, Bupati H. Sukiman Serahkan Dokumen Adminduk dan 533 Sertifikat Tora di 2 Desa di Tambusai Utara

Melalui Program “Jemput Bola”, Bupati H. Sukiman Serahkan Dokumen Adminduk dan 533 Sertifikat Tora di 2 Desa di Tambusai Utara

Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dibawah kepemimpinan Bupati Rohul H. Sukiman terus berinovasi dan membuat terobosan dalam bidang pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Untuk mewujudkan pelayanan yang efektif dan efisien yang berorentasi untuk mempermudahkan masyarakat, Pemkab membuat Program Jemput Bola dalam kepengurusan Adminduk di Desa-Desa di Rohul.

“Tentunya kita bangga ya, kita bersyukur kepada Allah SWT, kita selaku Pemerintah Daerah bisa melayani rakyat, melalui Program jemput bola ini, warga tidak mengurus langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Pasir Pengaraian”.

 “Tapi kami melalui Disdukcapil Rohul datang langsung ke Desa-Desa untuk melakukan perekaman e-KTP, KK dan Akte Kelahiran,” kata Sukiman kepada awak Media, usai menyerahkan Dokumen Adminduk di Desa Pagar Mayang dan Desa Payung Sekaki, Kecamatan Tambusai Utara, Rabu (16/9/2020).

Lanjut Sukiman, dokumen administrasi kependudukan ini sangat penting bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Terobosan dengan program jemput bola ini bertujuan untuk menyentuh masyarakat yang tidak bisa datang ke Kantor Disdukcapil, karena jika datang kekantor akan membutuhkan transport dan mengeluarkan banyak biaya.

“Semua itu dilakukan agar masyarakat bisa menikmati pelayanan pembuatan dokumen Adminduk. Harapan kita tentunya semua masyarakat bisa memiliki hak seperti KTP KK dan Akte Kelahiran. Masih banyak warga yang belum miliki, kita upayakan itu bisa warga memperoleh hak adminduknya”.

“Oleh karena itu Pak Kades harus rajin mencatat dan melaporkan warganya yang belum memiliki Adminduk, agar masyarakat tidak jauh-jauh mengurus administrasi kependudukannya,” harap Sukiman.

Selain menyerahkan Dokumen Adminduk warga, Bupati H. Sukiman juga menyerahkan sebanyak 533 sertifikat tanah melalui Program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) ATR/BPN di Desa Pagar Mayang sebanyak 106 Persil dan Desa Payung Sekaki sebanyak 427 Persil.

Mantan Dandim Inhil ini berpesan kepada warga penerima sertifikat agar untuk menjaga dan memeliharanya, karena sertifikat yang sudah memiliki legalitas kepemilikan lahan yang sah secara hukum, juga dapat digunakan sesuai dengan nilai sertifikat itu bisa dijadikan sebagai agunan dalam bentuk usaha yang produktif.

“Melalui SK CPP yang kita tandatangani untuk warga Eks Transmigrasi ini, bentuk komitmen kita memperjuangkan kepentingan dn hak masyarakat. Untuk itu maksimalkan penggunaan sertifikat tanah tersebut semoga bisa bermanfaat,” harap Sukiman.

Sementara itu, Kepala Desa Pagar Mayang Yanto S.Hut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Rohul dan Bupati H. Sukiman yang telah memberikan Pelayanan yang baik kepada masyarakat. Baik dalam pelayanan Adminduk, Tora dan Program Pembangunan di Desa Pagar Mayang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati atas program-program yang diturunkan di Desa kami, baik seperti KK, KTP, Akte dan juga sertifikat Tora. Kalau untuk pembangunan fisik, jalan poros Desa ini juga bakalan diaspal,” kata Yanto.

Hal senada juga dikatakan Kepala Desa Payung Sekaki Bambang Sudianto SH, Dokumen Adminduk dan Sertifikat TORA merupakan dokumen yang penting bagi warga sebagai bukti legalitas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum.

“Untuk itu, saya mewakili masyarakat Payung Sekaki, mengucapakan terima kasih kepada Pak Presiden, Kementerian ATR/BPN, Gubernur Riau, Bupati Rohul H. Sukiman, masyarakat Payung Sekaki mendapat 427 persil sertifikat Tora”.

“Masyarakat kami terbantu dengan adanya sertifikasi lahan transmigrasi ini dan semoga bermanfaat untuk masyarakat kami. Insyallah kedepan kita lihat situasi kondisi lahan warga yang belum sertifikat, semoga bisa di sertifikasikan melalui program TORA ini,” kata Bambang.

Bambang meminta kepada warganya untuk memanfaatkan Program ini dengan sebaik-baiknya karena Dokumen Adminduk dan Sertifikat tanah sangat penting bagi warga. Selain itu kata Bambang, Desa nya tahun ini juga mendapat pengaspalan jalan sepanjang 500 Meter dan jembatan Batang Kumu sebagai akses vital bagi warga, jembatan penghubung antar Desa Payung Sekaki, Bangun Jaya dan Rantau Kasai. 


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu