Meski Ditengah Pandemi Jumlah Hewan Kurban di Rohul Meningkat 2.758 Ekor, Bupati H. Sukiman : Hikmah Idul Adha Tanamkan Semangat Berkurban Untuk Berbagi dengan Sesama

Meski Ditengah Pandemi Jumlah Hewan Kurban di Rohul Meningkat 2.758 Ekor, Bupati H. Sukiman : Hikmah Idul Adha Tanamkan Semangat Berkurban Untuk Berbagi dengan Sesama

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman dan Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman sekira Pukul 7.30 Wib melaksanakan Shalat Idul Adha 1441 H, di Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Rohul, Pasir Pengaraian, Jum’at (31/7/2020).

Meski dalam suasana Pandemi Covid-19, Namun tidak menjadi penghalang bagi warga Rohul untuk melaksanakan Shalat Idul Adha dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan, menjaga jarak, memakai masker dan tidak berjabat tangan.

Pantauan dalam Mesjid Agung Paripurna terbaik Nasional itu, beberapa Forkompinda dan Kepala OPD ikut melaksanakan Shalat Idul Adha, seperti Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Syahruddin, M.Sy, Sekda Rohul H. Abdul Haris, S.Sos., M.Si, Asisten II Ir. H. M. Ruslan, M.Si, Kadis Kominfo Rohul Drs. Yusmar, M.Si, Kabag Umum Setda Rohul Abdullah, SE dan ribuan jama’ah MAIC Rohul.

Seusai melakukan sholat Idul Adha berjama’ah bersama masyarakat, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman langsung menyerahkan Sapi kurban miliknya dengan Jenis Sapi Benggala dengan berat 250 Kg secara simbolis kepada Ketua Badan Pengelola MAIC Rohul H. Abdul Haris, S.Sos., M.Si.

Bupati Rohul H. Sukiman kepada awak media, Jum’at (31/7/2020) menyampaikan esensi dari pelaksanaan kurban menjadi refleksi dan juga teladan bagi seluruh masyarakat serta mampu mengambil makna dan hikmah dari peristiwa tersebut.

“Alhamdulillah kita bersyukur semuanya masih diberikan kesehatan sehingga pada pagi hari ini kita bisa melaksanakan Shalat Idul Adha dan menyaksikan penyembelihan kurban di masjid Agung Islamic Center kita ini. Di Hari Raya Idul Adha 1441 H Bupati saya mengajak kepada semuanya mari kita ambil hikmah dan meneladani para Nabi kita untuk semangat berkurban,” kata Sukiman

Orang nomor satu di Rohul ini bersyukur, meski ditengah Pandemi Covid-19 namun tidak mempengaruhi perekonomian warga untuk berkurban, terbukti pada tahun ini jumlah masyarakat Rohul berkurban meningkat, pada tahun 2020 sebanyak 2.758 ekor dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 2.498 ekor.

Dari total 2.758 ekor, dijelaskan Sukiman, hewan kurban yang tersebar di 16 kecamatan terdiri dari Sapi kurban 2.326 ekor, Kerbau 96 ekor dan Kambing 335 ekor. Jumlah itu sudah termasuk 77 ekor sapi yang akan dikurbankan di Masjid Agung Islamic Center Rohul.

“Kalau tahun lalu jumlah hewan Kurban 2.498 ekor, Alhamdulillah meskipun dalam suasana Pandemi Covid-19 di tempat kita (Rohul) justru meningkat jadi 2.758 ekor, walaupun dalam suasana Covid-19 ekonomi masyarakat kita tidak berpengaruh untuk semangat berkurban,” kata Sukiman.

Lanjut Sukiman, dari jumlah 2.758 ekor ini tersebar di masjid-masjid di 16 Kecamatan se Rokan Hulu, khusus di Mesjid Agung Islamic Center Rohul ini ada 77 ekor, Namun 56 ekor dibagikan ke Mesjid-Mesjdi yang tidak ada penyebelihan hewan kurban.

“Kita bisa mengambil Hikmah dari Hari Raya Idul Adha ini rela berkorban untuk kepentingan orang banyak, karena makna hakiki yang terkandung di dalam Idul Adha ini mari kita tanamkan semangat berkurban hendaknya dapat mendorong demi kebaikan dan berbagi sesama,” ujarnya.

“Kita tidak melihat berapa banyak yang diberikan tetapi pengorbanan untuk berkurban itulah yang akan menjadi spirit bagi kita untuk membantu sesama. Sekali lagi dalam suasana Pandami ini melaksanakan Idul Adha tapi kita harus tetap menjaga Protokol kesehatan,” harap Sukiman.

Bupati H. Sukiman juga mengatakan, atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu beserta segenap jajaran mengucapkan Selamat hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah. “Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan kepada kita dalam membangun Kabupaten Rokan Hulu Negeri Seribu Suluk tercinta ini yang maju dan Jaya,” ucapnya.

Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakan) Rohul, tersebar di 16 kecamatan se Rohul, sesuai jumlah hewan kurban yang diperiksa kesehatannya di masjid masjid, Mushala dan juga di masyarakat berjumlah 2.758 ekor.

Secara rinci, untuk di Kecamatan Rambah total Sapi kurban 357 ekor, kerbau 38 ekor dan kambing 38 ekor. Kemudian Rambah Samo, sapi 139 ekor dan kambing 26 ekor, lalu Rambah Hilir sapi 184 ekor, kerbau 1 ekor dan kambing 15 ekor.

Di kecamatan Bangun Purba sapi 111 ekor, kerbau 16 ekor dan kambing 2 ekor. di Tambusai sapi 177 ekor, kerbau 2 ekor dan kambing 46 ekor. Tambusai Utara sapi 254 ekor dan kambing 16 ekor. Kepenuhan sapi 126 ekor dan kambing 8 ekor, Kepenuhan Hulu sapi 69 ekor, Bonai Darussalam sapi 43 ekor dan kambing 6 ekor.

Sedangkan di Kecamatan Ujung Batu sapi 313 ekor, kerbau 13 ekor dan kambing 56 ekor, Pagaran Tapah Darussalam sapi 22 ekor, kerbau 1 ekor dan kambing 3 ekor, di Kunto Darussalam sapi 166 ekor dan kambing 32 ekor.

Di Kecamatan Rokan IV Koto sapi 87 ekor, kerbau 1 ekor dan kambing 43 ekor. Pendalian IV Koto sapi 85 ekor, kerbau 2 ekor dan kambing 23 ekor, lalu di Kecamatan Tandun sapi 149 ekor, kerbau 7 ekor dan kambing 18 ekor. Sedangkan Kecamatan Kabun sapi 71 ekor, kerbau 15 ekor dan kambing 19 ekor.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu