Pemanfaatan Lahan Pekarangan, Sukiman : Kembangkan Pangan Meningkatkan Gizi Keluarga

Pemanfaatan Lahan Pekarangan, Sukiman : Kembangkan Pangan Meningkatkan Gizi Keluarga

Demi meningkatkan pengembangan pangan untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan sayur-sayuran yang berguna meningkatkan gizi serta hidup sehat sehingga kuat dalam membangun desa.

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman Serahkan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Rokan Hulu kepada kelompok tani wanita Lavender Desa Kumain Kec. Tandun, Rabu (29/7/2020), sebesar 10.777.295 Rupiah dari Dana APBD 2020 yang di serahkan pada kegiatan acara pembagian BLT DD Di Desa Kumain.

Bantuan tersebut diserahkan kepada Ibu Nety perwakilan dari kelompok Lavender disela pelaksanan acara di balai Desa Kumain.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan, Barikun saat di wawancarai mengatakan bahwa Kegunaan bantuan diberikan kepada kelompok wanita LAVENDER Desa Kumain Kec.Tandun adalah, supaya Ibu-ibu kelompok tani tersebut bisa memanfaatkan Lahan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan, Tersedianya sumber bahan pangan yang meningkat kan gizi keluarga, dan Meningkatkan kualitas konsumsi pangan, Serta Untuk meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap dalam berusaha tani secara berkelompok.

Barikun menambahkan bahwa alasan diberikannya Kelomopok tani wanita Lavender diberikan bantuan dikarenakan di Desa Kumain ini memiliki potensi untuk pengembangan berbagai tanaman sayuran kemudian Setiap anggota kelompoknya memiliki lahan pekarangan dengan ukuran minimal 10 meter persegi sampai 40 meter persegi, kemudian Kelompok tersebut memiliki rasa tanggung jawab dan semangat untuk melaksanakan kegiatan pemanfaatan pekarangan, terlebih lagi memang Kelompok tani wanita Lavender ini telah mengajukan proposal dan sudah terdaftar di SIMLUHTAN (Sistim Informasi Manajemen dan Penyuluhan Pertanian).

"Dengan pelaksanaan kegiatan pemanfaatan pekarangan untuk pengembangan pangan, bisa terpenuhinya kebutuhan keluarga akan sayur-sayuran, masyarakat Desa Kumain bisa termotivasi untuk melaksanakan pengembangan sayur-sayuran dan bisa hidup sehat dan kuat membangun desa" harap Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan ini.

Sementara Bupati Rokan Hulu H. Sukiman disaat menyerahkan Bantuan bagi kelompok tani wanita Lavender ini mengucapkan semoga dengan adanya bantuan ini Ibu-ibu kelompok tani bisa benar-benar memanfaatkan nya dengan baik, dipergunakan memang untuk meningkatkan kwalitas bisa untuk membeli pupuk atau pun benih yang belum ada di pekarangan.

Bupati Sukiman juga berharap dan mengajak agar kelompok lain yang ada agar juga melakukan hal yang sama sehingga dengan memanfaatkan lahan pekarangan saja masyarakat sudah tidak khawatir lagi akan kekurangan gizi, terlebih lagi di saat Covid-19 ini sangat di butuhkan sekali kita memakan makanan yang bergizi yang berguna untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Tampak hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, Pejabat Eselon II Rokan Hulu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Barikun, SP, Kasi Konsumsi Pangan Azwar, SP, PPL Pendamping Kegiatan Purwanto, SP, Camat Tandun, Serta Para Kades Se Kec. Tandun.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu