Sekda Rohul Tebarkan 10 Ribu Benih Ikan dan Tanam Pohon di Cik Dam Desa RTU

Sekda Rohul Tebarkan 10 Ribu Benih Ikan dan Tanam Pohon di Cik Dam Desa RTU

Sekretaris daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul) H. Abdul Haris M.Si mewakili Bupati Rohul H. Sukiman menebar 10 ribu ekor benih Ikan mas dikolam Cik Dam Perikanan Desa Rambah Tengah Utara (RTU), Kecamatan Rambah. Penabaran benih ikan, dilaksanakan dalam rangka Silaturahmi dengan Masyarakat RTU sekaligus kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan, Senin (14/9/2020).

Sekda Rohul dalam arahannya mengatakan, pihaknya menyambut baik dijadikannya kolam Cik Dam untuk pengembangan perikanan yang nantinya akan dijadikan tempat wisata masyarakat, baik dari dalam daerah maupun luar daerah.

“Menebar benih Ikan ini juga bisa memilihara sumber yang ada disini ada di Cik Dam atau embung yang cukup luar biasa memiliki luas satu hektar ini sudah membantu untuk stok air bagi masyarakat disekitar,” kata Sekda.

“Tadi kita juga sudah menebar 10 ribu benih ikan, sehingga ini menjadi dorongan bagi masyarakat bagaimana gemar menambah stok ikan, memilihara bersama-sama sehingga kita harapkan juga nanti ketika sudah saatnya bisa dipanen bisa dinikmati bersama sama juga dengan masyarakat RTU ini,” tambah Yusmar.

Dikaui Sekda, Pemkab sangat mendukung dalam pengembangan embung ini, mulai dari membangun, mengeruk dan membentuk Cik Dam, menyiapkan bibit ikan difasilitasi oleh Pemkab.

“Tetunya pengelola kita harapkan bisa memilihara sumber daya yang ada, hari ini diharapkan kedepan bisa dimanfaatkan dengan baik, ini perlu pengelolaan yang profesional sehingga sektor yang seluruhnya bisa dikembangkan”.

“Mulai dari Pariwisatanya, Ketersediaan Ikan dan lingkungan bisa dimanfaatkan oleh masayarakat bisa saling bersinergi antar pengelola dan masyarakat tentunya harus bisa sama-sama menjaga lingkungan supaya tetap dimanfaatkan,” harapnya.

Meski lokasi Cik Dam cukup jauh dari pemukiman masyarakat, Sekda berharap pengelola untuk gencar melakukan Sosialisasi baik melalui media sosial maupun media masa, dengan harapan masyarakat bisa mengetahui keberadaan Cik Dam tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul Barikun, S.P melalui Kabid Perikanan Saridayanti S.Pi mengatakan Penebaran bibit ikan di Cik Dam RTU, pihaknyan memberi bantuan benih ikan sebanyak 10 ribu ekor benih ikan Emas.

“Memang permintaan masyarakat lebih banyak, Cuma pada saat ini karena permintaan untuk bibit terutama untuk restocking, selain untuk kolam untuk restocking juga cukup tinggi di kabupaten Rohul,” ujarnya.

Tambahnya, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan membuat kebijakan untuk masing-masing Cik Dam diberikan bantuan sebanyak 10 Ribu, sementara untuk kolam masyarakat sebanyak 5 ribu per jenis ikan.

“Untuk saat ini ikan yang ada itu jenisnya emas, nila dan lele, cuman untuk lele agak terbatas karena produksi kita kebetulan cuaca tahun ini agak kurang bagus, maka produksi lele kita agak sedikit menurun, tapi kalau untuk ikan emas dan nila ada di BBI Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan ready setiap saat,” ujarnya.

Setelah dilakukan Penebaran ikan, Lanjutanya pihaknya akan melakukan Pembinaan, tapi tidak setiap hari namun secara berkala penyuluh dari dinas DKPP Rohul melakukan pembinaan kelokasi Cik Dam.

kemudian Tokoh Masyarakat Desa RTU Yasmin juga mengaku, penebaran benih ikan dan penghijauan di Cik Dam di desa RTU untuk memanfaatkan lahan desa yang sudah ada sejak tahun 1982.

"Sejak tahun 1982, lahan tersebut belum  dimanfaatkan. Selama ini Cik Dam hanya digunakan untuk penampungan air dan untuk perkebunan. Dengan kemajuan zaman, timbul lah niat dari  sejumlah elemen masyarakat memanfaatkan lokasi tersebut sebagai kolam ikan dan juga akan dijadikan  sebagai objek wisata," terang Yasmin.

Yasmin menyebutkan, tempat wisata tersebut diberi nama Cik Dam Perikanan desa RTU. Dirinya beharap bantuan dari berbagai pihak termasuk Pemkab Rohul.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu