Serahkan BLT-DD Tahap II di Desa Tangun, Bupati H. Sukiman Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan dan Antisipasi Dini Cegah Karhutla

Serahkan BLT-DD Tahap II di Desa Tangun, Bupati H. Sukiman Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan dan Antisipasi Dini Cegah Karhutla

Dalam setiap melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa-Desa tidak hanya memastikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tepat sasaran, Bupati Rohul H. Sukiman juga gencar mensosialisasikan tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) sesuai dengan Protokol Kesehatan dan antisipasi dini pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Seperti pada Senin (13/7/2020) sore, Saat melakukan Kunker ke Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Bupati H. Sukiman menyerahkan BLT-DD secara simbolis, dihalaman Kantor Desa Tangun , dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Dalam sambutannya, Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan, BLT-DD ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah untuk membantu masyarakat di tingkat desa yang terdampak Covid-19. Bantuan yang diberikan bertujuan untuk meringankan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi saat ini.

"Dengan adanya BLT-DD ini mudah-mudahan bisa meringankan beban masyarakat. Bantuan ini agar digunakan untuk kebutuhan yang bermanfaat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli sembako untuk keluarga," pintanya.

Dikesempatan itu, Bupati Sukiman juga menghimbau dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) dalam pencegahan Covid-19 seperti di sejumlah tempat keramaian, agar tetap mentaati protokol kesehatan.

“Dalam pelaksanaan tatanan hidup baru disaat Pandemi Covid-19 ini, meski 3 orang Positif Covid-19 di Rohul telah sembuh, masyarakat harus tetap waspada dan laksanakan Protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak sosial. Insyaallah dengan pola hidup sehat dapat meminimalisasi penyebaran Covid-19,” kata Sukiman yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Rohul.

Selain itu, berdasarkan perkiraan BMKG yang memprediksi bulan Juli hingga September akan memasuki musim kemarau, Bupati H. Sukiman menghimbau kepada masyarakat perlunya antisipasi sejak dini potensi munculnya Karhutla didaerah masing-masing.

“Karhutla ini menjadi permasalahan setiap tahunnya, untuk mengantisipasi dini, pertama Saya sudah melakukan Rakor dengan Gubernur dan ditingkat Kabupaten juga telah dilakukan Rakor dengan Forkompinda dan OPD terkait pencegahan Karhutla,” terangnya.

“Kita bersyukur, intensitas hujan di Rohul masih tinggi, meski demikian kita harus tetap waspada. Kita juga meminta masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Saya meminta kepada seluruh instansi, termasuk Camat, Lurah dan Kepala Desa agar memaksimalkan sosialisasi dalam pencegahan Karhutla,” pintanya.

Terkait permintaan masyarakat pembangunan aspal jalan, Mantan Dandim Inhil ini komitmen memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk membangun infrastruktur jalan. Bukan tidak mungkin, karena dibawah kepemimpinan Bupati Rohul H. Sukiman, sejak tahun 2017 hingga 2019, Pemkab telah membangun aspal dipedesaan sepanjang 170 KM.

“Usai meresmikan jalan di Desa Bangun Purba tadi, kami telah melewati jalan penghubung Desa Bangun Purba-Desa Tangun itu, kita komit isyaallah ditahun mendatang akan kita bangun, terkait berapa panjangnya, tentu kita menyesuaikan kemampuan APBD kita, yang penting masyarakat harus bersabar dulu,” pinta Sukiman.

Sementara, Kepala Desa Tangun Haliman saat dikonfirmasi awak media, Ia berharap dengan Kunker ke Desa Tangun, diharapnya Bupati H. Sukiman bisa mendengar aspirasi dan merealisasi kebutuhan masyarakat, terutama infrastruktur jalan.

Untuk penyerahan BLD-DD Tahap II, Pemerintah Desa Tangun telah melakukan verifikasi dan musyawarah dengan perangkat Desa serta tokoh masyarakat, Pemdes Tangun memberikan bantuan BLT-DD sebanyak 192 KK.

“Mulai penyaluran BLT-DD tahap I hingga Tahap II saat sekarang ini belum ada kendala dan permaslahan. Karena kita mamatuhi aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Setiap warga penerima BLT-DD mendapat Rp 600.000 selama 3 bulan,” ujarnya.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu