Serap Aspirasi Warga, Bupati H. Sukiman Minta PUPR Rohul Perbaiki Saluran Irigasi Pertanian Warga Menaming

Serap Aspirasi Warga, Bupati H. Sukiman Minta PUPR Rohul Perbaiki Saluran Irigasi Pertanian Warga Menaming

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman memberikan kata sambutan pada saat menghadiri pembagian BLT-DD tahap II di Desa Menaming Selasa (14/3/2020)


Dalam setiap kunjungan kerjanya ke Desa-Desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), selain bersilaturahmi bersama warganya, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman juga manfaatkan untuk menyerapkan aspirasi masyarakat.

Seperti pada Selasa (14/3/2020), dalam kegiatan penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap II yang diserahkan langsung oleh Bupati Rohul H. Sukiman. Dalam kegiatan itu, dimanfaatkan salah seorang tokoh masyarakat Desa Menaming Paruma Siregar menyampaikan aspirasi masyarakat.


Ia mewakili Petani di Desa Menaming meminta kepada Bupati Rohul H. Sukiman untuk melakukan perbaikan saluran Irigasi Pertanian Warga Menaming. Menurutnya, perbaikan irigasi merupakan hal yang penting guna menjaga ketersediaan air bagi sawah dan ladang yang ada, sehingga produktifitas pertanian yang ada di Desa Menaming ini dapat lebih meningkat dan baik lagi.

“Kami minta kepada pak Bupati melalui Dinas terkait untuk memperbaiki saluran irigasi kami, karena rata-rata warga disini (Menaming) sebagai petani. Untuk diketahui, Desa Menaming ini pernah menjadi lumbung padi di Rohul, untuk itu kami minta kepada pak Bupati untuk memperbaiki irigasi ini,” harap Paruma Siregar.

Menanggapi aspirasi masyarakat terkait permintaan perbaikan saluran irigasi pertanian, Bupati Rohul H. Sukiman telah memerintahkan Dinas PUPR Rohul untuk melakukan perbaikan saluran irigasi pertanian tersebut.

“Pemkab melalui Dinas PUPR akan melihat mana-mana irigasi yang perlu diperbaiki dan mendata semua irigasi yang bermasalah, kemudian kita laporkan ke PUPR Rohul untuk diperbaiki, Insyaallah dalam bulan ini saya harapkan sudah selesai diperbaiki,” harap Bupati Sukiman.


Apalagi dalam Musrenbang 2020 untuk tahapan Periode V dalam rangka RPJMD tahun 2016-2021, Pemkab memprioritas Pembangunan Kabupaten Rohul 2021 difokuskan dalam 5 Program prioritas, salah satunya Penguatan produktivitas pertanian dan Perikanan.

“Jadi untuk program Pemkab kita upayakan perbaikan dan peningkatan Irigasi. Sehingga diharapkan kedepan tidak  menjadi persoalan masalah pasokan air untuk lahan pertanian. Jadi kita komit mengupayakan membangun infrastruktur yang memadai untuk mewujudkan ketahanan pangan di Desa Menaming ini,” harap Sukiman.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Menaming Elfitren Syahputra S.Kom M.Ip mengucapkan terima kasih kepada Bupati H. Sukiman dan rombongan menyempatkan Kunker ke Desanya, selain menyerahkan BLT-DD, juga telah menyerap aspirasi masyarakat Menaming.

Dalam laporannya, sebanyak 179 KK warga Desa Menaming menerima BLT-DD Tahap II. Penetapan nama penerima manfaat bantuan BLT-DD melalui tahapan sesuai dengan mekanisme aturan yang berlaku, saat rapat penetapan nama penerima dengan melibatkan RT, RW hinga tingkat Dusun, Tokoh masyarakat dan perangkat Desa.

Dalam Kunkernya ke Desa Menaming, Bupati H. Sukiman didampingi Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kadis Perkim Rohul Heri Islami ST MT, Kaban Kesbangpol Rohul Musri S.Sos, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si serta Kepala OPD lainnya, Camat Rambah Ari Gunadi SSTP, Pj Kades Menaming Elfitren dan masyarakat penerima BLT-DD.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu