Wujudkan Swasembada Daging, Bupati Rohul H. Sukiman Dukung Program Sikomandan

Wujudkan Swasembada Daging, Bupati Rohul H. Sukiman Dukung Program Sikomandan

Sebagai inovasi dalam mendukung dan meningkatkan Pelaksanaan Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan), Dinas Peternakan dan Perkebunan Rokan Hulu (Rohul), melaksanakan Kegiatan rutin Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan (Yandukeswan).

Untuk memastikan dan mendukung pelaksanaan Program yang dinilai bisa mewujudkan Swasembada Daging, Bupati Rohul H. Sukiman meninjau tempat pelayanan kesehatan hewan di Desa Pasir Makmur, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rohul, Selasa (14/7/2020).

Pantauan dilapangan, Bupati Rohul H. Sukiman tak sungkan dan tak canggungnya ikut melakukan penyuntikan inseminasi buatan untuk ternak sapi dan menyuntik vitamin didampingi petugas Inseminator serta mengecek pemeriksaan kebuntingan hewan.

Bupati Rohul H. Sukiman saat dikonfirmasi awak media mengapresiasi seluruh petugas Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan dalam rangka mendukung Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri atau Sikomandan.

Ia berharap Program ini dapat ditingkatkan dengan keberhasilan peningkatan populasi Sikomandan ini dapat mewujudkan Swasembada Daging di Rohul.

"Saya melihat para petani peternak di Desa Pasir Makmur ini dari laporan Kadis kepada saya, Saya bangga karena jumlahnya sekitar 1.425 ekor, tadi kita lihat bersama begitu banyak sapinya berkembang biak, kita bangga bayangkan kalau setiap desa punya seperti ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dan Swasembada Daging di Rohul," ujarnya.

Lanjutnya, telah banyak Program yang dilakukan dan ini termasuk daerah yang dijadikan inseminasi buatan untuk ternak sapi, Ia berharap semakin banyak sapi yang lahir sehat dan mampu berkembang biak guna memenuhi kebutuhan daging di Kabupaten Rohul.

"Kedatangan kita ke sini juga untuk bertemu peternak dan ini tekad kita memajukan peternakan di Rohul, sehingga program Sikomandan dapat dijadikan momentum yang tepat untuk terus mendorong pembangunan peternakan agar lebih efektif dan berdampak pada upaya peningkatan kesejahteraan para peternak," harapnya.

Ia mengaku hampir setiap desa telah memiliki kelompok ternak, sehingga kedepan untuk meningkatkan hasil peternakan, Pemkab akan membantu untuk kesehatan hewan dan obat-obatan hewan.

Sementara itu, Kadis Peternakan dan Perkebunan Rohul CH Agung Nugroho STP mengatakan bahwa pelaksanaan pelayanan terpadu peternakan dan kesehatan hewan ini merupakan kegiatan rutin untuk maelakukan Inseminasi Buatan dalam rangka menyukseskan Program Sikomandan serta aktif dalam pelayanan dan pengecekan kesehatan hewan secara terpadu.

"Jadi pelayanan terpadu kesehatan hewan atau yang biasa juga disebut gerbang serba bisa (GSB) sebenarnya kegiatan ini sudah lama dilaksanakan bahkan sejak transmigrasi datang ke sini. Yang biasa dilaksanakan di desa-desa," kata Agung.

Tambah Agung, Pemeriksaan pelayanan Kesehatan hewan ini pertama yang dilakukan adalah terhadap sapi yang sudah birahi ini bisa dilaksanakan kawin suntik atau inseminasi buatan, agar sperma yang disimpan dalam N2 cair, kemudian para petugas ini sudah dibekali bisa melakukan pemeriksaan dikelompok ternak petani.

"Kemudian yang kedua setelah dikawin suntik dan dicek kebuntingannya, ada pemeriksaan kebuntingan itu petugas kami juga yang melaksanakan kemudian setelah itu sampai ke laporan kelahiran," katanya.

"Selain itu jika ada ternak masyarakat yang sapinya mau melahirkan, kapanpun pagi siang sore atau malam petugas siap melayani untuk persalinan. Kemudian juga ada pemberian vitamin bahkan apabila sapi sudah lemah itu bisa dikasih hormonnya," tambahnya.

Agung juga mengaku telah mengusulkan untuk pembelian obat-obatan melalui APBD Rohul dan APBD Provinsi, obat-obat tersebut untuk mencegah penyakit Jembrana, yang saat ini masih ada di Riau.

"Cuaca di Rokan Hulu masih melekat penyakit Jembrana, virus ini hanya bisa menyerang Hanya kepada sapi Bali dan tidak bisa menular ke sapi yang lain. Itu juga kami upayakan obat-obatannya juga dari APBD Kabupaten dan Provinsi untuk membeli obat-obatan," pungkasnya.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu