16 Kecamatan Ramaikan MTQ Ke XVIII Rokan Hulu

Sehari sebelum pelaksanaan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XVIII tingkat Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (31/10), seluruh peserta MTQ dari 16 kecamatan se Rohul yang akan mengikuti 5 cabang MTQ tingkat kabupaten yang diperlombakan telah mendaftarkan diri sebagai peserta kepada Panitia Pelaksana MTQ XVIII Kabupaten Rohul tahun 2018 bertempat di pelataran Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Rohul.

MTQ tingkat Kabupaten Rohul yang dilaksanakan selama lima hari, terhitung 1-7 November mendatang, akan dipusatkan di Purna MTQ Riau sebagai astaka utama dan Masjid Agung Islamic Center Rohul.

‘’Saat ini peserta MTQ tingkat kabupaten yang berasal dari 16 kecamatan se Rohul telah mendaftar ke Panitia. Utusan qori dan qoriah dari 16 kecamatan mengikuti 5 cabang MTQ ke XVIII tingkat Kabupaten Rohul yang diperlombakan,’’ ungkap Sekretaris Panitia Pelaksana MTQ XVIII Kabupaten Rohul tahun 2018 H Anisbar SP MSi kepada wartawan, Rabu (31/10/2018) saat menyaksikan pendaftaran peserta MTQ ke XVIII tingkat kabupaten Rohul di MAIC Rohul.

Menurutnya, ratusan peserta MTQ ke XVIII tingkat Kabupaten Rohul yang telah mendaftar, akan diverifikasi oleh panitia. ’’Direncanakan malam nanti (Rabu, red), panitia akan melaksanakan rapat final pengesahan peserta MTQ ke XVIII tingkat Kabupaten Rohul. Dalam artian untuk memastikan apakah peserta yang telah didaftarka itu bisa ikut atau memenuhi persyaratan dalam mengikuti 5 cabang MTQ ke XVIII yang diperlombakan,’’ jelasnya.

Kabag Kesra Setda Rohul itu menegaskan, apabila peserta tidak memenuhi persyaratan teknis yang telah ditetapkan oleh LPTQ Rohul, maka peserta yang bersangkutan tidak bisa mengikuti 5 cabang MTQ yang diperlombakan tahun ini.

Diantaranya Satu, Cabang Tilawah yang dipusatkan di Astaka MTQ. Dua, Cabang Hifzil Quran pelaksanaannya di ruang salat utama Masjid Agung. Tiga, Cabang Khattil Quran di MTS 3 Rohul. Empat, Cabang Fahmil Quran di Conventioan Hall bagian tengah Masjid Agung. Lima, Cabang Syarhil Quran di di Conventioan Hall bagian selatan Masjid Agung.

‘’Seluruh peserta siang tadi (Rabu, red) telah masuk ke pemondokan dengan memamfaatkan rumah warga yang berlokasi menyebar di Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah. Ada 32 unit  rumah yang disiapkan oleh panitia, masing masing kecamatan dijatah dua pemondokan,’’ tuturnya.

Anisbar mengatakan, untuk konsumsim dan akomodasi peserta MTQ, disiapkan seluruh panitia, mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam di tempat pemondokan.

‘’Direncanakan, Kamis, (1/11), pukul 09.00 WIB, Dewan Hakim MTQ akan dilantik oleh Pak Bupati Sukiman di Convention Hall Islamic Center Rohul. Siangnya  pukul 14:00 WIB dilaksanakan pawai takruf dan malamnya pukul 20:00 WIB dilaksanakan
acara pembukaan MTQ ke XVIII yang dipusatkan di Purna MTQ Riau Pasirpengaraian tepatnya di depan Masjid Agung,’’ tambahnya.