Bupati dan Masyarakat Tanam Bibit Aren di Hutan Desa

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, bersama Camat Tandun, Kepala Desa Sei Kuning dan masyarakat setempat, tanam bibit aren (enau) di hutan desa, Sei Kuning, Kecamatan Tandun, Rabu (24/10/2018) sore.

Di sela-sela penanaman bibit aren, Bupati Sukiman berharap, keberadaan tanaman aren dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan, dan menjaga kelestarian lingkungan. Karena, pengelolaan hutan desa sangat berorientasi pada peningkatan ekonomi masyarakat, namun perlu juga mempertimbangkan aspek lainnya, yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

“Jika prinsip itu diabaikan, dan tidak dipahami dengan baik, maka akan terjadi kerusakan hutan yang membawa akibat buruk pada semua aspek kehidupan masyarakat dan lingkungannya,” ungkapnya.   

Bupati berharap ke seluruh masyaraka  Sei Kuning, agar dapat memanfaatkan hutan desa. Kemudian menjaga hutan dengan menanam pohon sesuai UU yang berlaku. Karena hutan desa adalah hutan negara, yang dikelola oleh masyarakat dalam organisasi administratif pedesaan yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Hutan desa memberikan akses ke masyarakat, melalui lembaga desa dalam memanfaatkan sumberdaya hutan secara lestari dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” tegas Bupati.

Kata Bupati lagi, Kabupaten Rohul merupakan salah satu daerah penghasil aren, sehingga Pemkab mendukung penanaman aren untuk dimanfaatkan agar penghasilan masyarakat desa Sei Kuning lebih baik dan meningkat.

“Kelolalah dengan sebaiknya aren, dan nantinya jadi sentral aren di Rohul khususnya di Provinsi Riau. Kemudian, dengan ditanamnya pohon aren, termasuk pohon pete, jengkol hari ini, akan sangat memberi warna pada situasi perkenomian masyarakat,” ucapnya.

Bupati menghimbau masyarakat, agar hutan desa seluas 10 hektar bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik. Apa yang ditanam hari ini kelak berbuah seperti yang kita inginkan, dari usaha yang kita lakukan bersama saat ini

Kegiatan ini juga dihadiri Kesatuan Pengelolaan Hutan Lingkup Kerja Kabupaten Rohul, staf ahli Bupati, Camat Tandun, Kadas se-Tandun.