Bupati Dukung Pembangunan Jembatan Penghubung RBS Rohul-Ulak Kembahang Rohil

Sejumlah Warga Desa Rantau Binuang Sakti (RBS) Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kepenghuluan Air Hitam / Kepenghuluan Ulak Kembahang Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), beberapa waktu lalu melakukan Audiensi ke Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Kantor DPRD Provinsi Riau untuk mengusulkan pembangunan jembatan, yang di Pimpin oleh Ismail Hamkaz Rokan yang juga merupakan Inisiator dan Konseptor, Senin, (1/10/2018) lalu.

Dari hasil audiensi itu, Dinas PUPR Riau mengatakan pengusulan Pembangunan jembatan ini hanya bisa dilakukan jika Bupati kedua Kabupaten mengusulkan dan mendukung jalan dan jembatan penghubung itu ke Dinas PUPR Riau. Sebagai bentuk gerak cepat untuk meminta dukungan dari Bupati Rohul, Salah satu Tim dari Kecamatan Kepenuhan melakukan silaturahmi dan minta dukungan sekaligus mengantarkan proposal untuk Bupati Rohul dalam pembangunan jembatan Penghubung Rohul-Rohil itu.  

Bak gayung bersambut, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) memberikan sinyal dan siap mendukung Pembangunan Jembatan penghubung Kabupaten Rohul-Rohil itu, dengan harapan dapat meningkatkan aksesibilitas antar wilayah serta terbukanya interkoneksi.

Bahkan keberadaan jembatan itu nantinya dinilai akan memperlancar akses jalan dan akan mendukung sektor perekonomian masyarakat serta mempermudah akses mengeluarkan komoditi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.

Dukungan itu dikatakan Bupati Rokan Hulu H. Sukiman saat perwakilan dari Tim Kecamatan Kepenuhan silaturahmi dan mengantarkan Proposal Rencana Pembangunan Jembatan yang menghubungkan Desa Rantau Binuang Sakti (RBS) Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu dengan Kepenghuluan Air Hitam / Kepenghuluan Ulak Kembahang, Kabupaten Rokan Hilir, di Kediaman Rumah Dinas Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Sabtu (6/10/2018) malam.

Dengan rencana dibangunnya jem­batan tersebut, Pemkab Rohul siap mendukung pembangunan jembatan itu dan berharap keberadaan jembatan itu dapat memperlancar akses sa­rana transportasi dan dapat men­do­rong laju pembangunan de­sa dan pereko­nomian warga.

“Jelas kita sangat mendukung dalam pembangunan jembatan penghubung Rohul-Rohil ini, nanti saya akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Rohul. Keberadaan jembatan ini akan mendorong percepatan akses warga. Dengan dibangunnya jem­batan arus barang dan jasa akan semakin cepat, sehingga pertumbuhan ekonomi desa akan semakin meningkat pu­la,” harapnya.

Untuk mempercepat proses pemba­ngunan jembatan yang bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) APBD Provinsi Riau 2019, Bupati Sukiman berharap dukungan dan sinergi seluruh stakeholder terkait, baik dari Pemprov dan DPRD Riau, Pemkab Rohil, Pemkab Rohul dan pihak terkait lainnya.

Mendapat respon positif dari Bupati Rohul, Salah seorang Tim Utusan dari Kecamatan Kepenuhan Alfa Sayhputra mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Bupati Rohul H. Sukiman yang siap mendukung pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa RBS (Rohul) dengan Kepenghuluan Ulak Kembahang (Rohil).

“Alhamdulillah Proposalnya sudah diterima dan Bupati Sukiman Siap mendukung Pembangunan jembatan tersebut. Dari Presentasi saya terkait Proposal Pembangunan Jembatan itu secara detil, beliau merespon positif, mudah-mudahan ini menjadi modal yang berharga untuk proses pembangunan jembatan ini, semoga bisa terealisasi,” harap Alfa.