Bupati Rohul, H. Sukiman Resmi Sandang Marga Nasution

Bupati Rokan Hulu H Sukiman resmi menyandang marga Nasution. Penabalan gelar Marga Nasution kepada orang nomor satu Rohul itu, dilakukan oleh Ikatan Keluarga Nasution (Ikarnas) Pekanbaru, Ahad (28/10/2018) siang di kediaman H Adnan Nasution (alm) di jalan Sutomo Pekanbaru.

Dalam acara adat tersebut, dihadiri Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohul, Tokoh Masyarakat Rohul H Syaripuddin NSt MM serta perwakilan Napitu Huta Rohul.

Tampak hadir Ketua Umum  Ikarnas Pekanbaru H Tanwin Basri Nasution, Ketua Panitia Prof DR Syamruddin Nasution MA, Lembaga Adat melayu Rohul,Tokoh adat, Tokoh Agama, Perwakilan Raja-Raja Rohul.

Ketua Panitia Prof DR Syamruddin Nasution MA menyebutkan, pemberian penabalan marga Nasution kepada Letkol TNI (Purn) H Sukiman, proses persiapannya, sangat cepat dan gesit. Panitia hanya menyiapkan acara ini dalam waktu seminggu.

‘’Alhamdulillah pemberian marga Nasution kepada Letkol TNI (Purn) H Sukiman (Bupati Rohul, red) dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Tentunya dengan ditabalkan marga Nasution, sebagai kepala daerah dapat bersama masyarakat untuk memajukan Rokan Hulu,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikarnas Pekanbaru Tanwin Basri Nasution mengatakan dengan di tabalkannya gelar adat kepada H Sukiman dengan marga Nasution ini, bisa lebih memajukan Rokan Hulu kedepannya.

Disebutkannya, adapun persyaratan untuk masuk ke suku mandailing ini ada beberapa yang perlu diperhatikan, pertama pernah meminta untuk masuk ke marga Nasution, selain itu memberikan kain sarung dan sesudah kain sarung di serahkan, pemotongan satu ekor kerbau.

‘’Pemberian gelar adat marga Nasution ini, syaratnya harus dirumah pribadi yang bermarga nasution dan tidak boleh di gedung/aula. Letkol TNI (purn) H Sukiman sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar marga Nasution,’’ ujarnya.

Dalam pada itu, Bupati Rohul H Sukiman yang baru saja ditabalkan marga Nasution mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat atas pemberian marga Nasution kepada dirinya terutama kepada keluarga besar Ikarnas Pekanbaru.

Termasuk kepada panitia yang telah mensukseskan acara pemberian gelar adat mandailing ini. ‘’Sekali lagi kepercayaan ini akan saya emban dengan baik, seandainya ada kesalahan serta sikap saya tolong di ingatkan dan ditegur,’’ sebutnya.

Tentunya dengan penabalan marga Nasution kepada dirinya, selaku kepala daerah dirinya siap untuk menjaga amanah dan nama baik, dalam melaksanakan tugas di Rokan Hulu.