Bupati Rokan Hulu Optimis Lakip Pemkab Rohul Bisa Dapat Nilai B

Bupati Rohul H. Sukiman teken Perjanjian Kinerja bersama Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Rohul


Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Sukiman, meminta ke seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar bisa meningkatkan kinerjanya dalam segala hal.

Kata Bupati H Sukiman, pada tahun 2017 lalu, Pemkab Rohul mendapat nilai ‎CC untuk laporan Akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Lakip), tentunya hal itu tidak bisa di pertahankan melainkan ditingkatkan.

Itu diungkapkan Bupati Sukiman saat penandatanganan perjanjian kinerja perangkat daerah tahun 2018, ‎di lantai tiga Kantor Bupati Rohul, Selasa (20/3/2018).

Bupati Sukiman memi‎nta, agar kinerja OPD harus segera ditingkatkan, karena Lakip 2017 pemkab Rohul mendapat Nilai CC yang tidak harus dipertahankan, melainkan harus ditingkatkan.

"Kita menargetkan, untuk Lakip 2018 agar bisa mendapatkan nilai B, berharap kinerja OPD harus segera ditingkatkan, jangan asal-asalan," harapnya.

Jelasnya lagi, kinerja OPD harus segera ditingkatkan baik pada sisi ketepatan dalam memberikan laporan kinerja, maupun ke akuratan dalam kinerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP)-nya.

Kemudian dengan sudah ditandatanganinya, maka perjanjian kinerja tersebut, diharapkan seluruh ke OPD bisa berkomitmen untuk bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“Sayta tidak mau lagi melihat ada OPD-OPD yang masih lamban dalam segi kinerja, apalagi yang masih bermain-main, kita harus bisa dapatkan nilai B di 2018, ini target saya," tegasnya.

Kemudian, Kepala Badan Perencanaan dan pembangunan daerah (Bapeda), Rohul, Nifzar mengakui, bahwa Lakip pemkab Rohul pada 2017 sangat memperhatikan, hanya bisa meraih nilai CC.

Di tahun 2018 ini, Nifzar akan berupaya berkoordinasi dengan pihak OPD lainya untuk meningkatkan kinerja dalam mencapai target B, seperti yang diharapkan oleh Bupati Rohul.

“Paling terpenting, seluruh OPD harus bekerja sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan dan tepat waktu dalam melaporkan seluruh kegiatan yang dikerjakan," terangnya.

Nifzar juga meminta, agar seluruh kepala OPD selalu mengingatkan dan memberi semangat kepada bawahanya, untuk selalu meningkatkan kenirja dalam mencapai target.

“Intinya, bila sudah ditandatanganinya perjanjian ini, mari kita bersama meraih Nilai B pada Lakip 2018, jangan pula kita bertahan pada CC," ucapnya.