Bupati Sukiman dan Ketua TP PKK Rohul Hadiri Penilaian Desa PHBS di Pendalian IV Koto

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman, Ketua TP PKK  Hj Peni Herawati, menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Pelaksanaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Riau 2019, di Desa Air Panas, Kecamatan Pendalian IV, Kabupaten Rohul, Kamis (25/4/2019).

Tim Penilai Lomba PHBS dipimpin Ketua Tim Penilai Desa Ber PHBS Dedi Parlaungan, beserta PKK Riau Hj Lina Khairul, Rosita Kasi Promosi Dinas Kesehatan Riau, Miklon, dan Desi dari Dikes Riau.

Pada penilaian lomba PHBS di Desa Air Panas dan Posyandu Mekar Sari Desa Lubuk Betung, Kecamatan Pendalian IV Koto, masuk dalam kategori penilaian Lomba PHBS mewakili Kabupaten Rohul Lomba Desa PHBS tingkat Provinsi Riau.

Dikegiatan itu, juga hadir Sekda Rohul H. Abdul Haris, S.Sos M.Si, Ketua DWP Rohul Hj Nety Herawati S.Kep, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa Air Panas Rahayu Amd. Kegiatan dimeriahkan Yel-Yel dari 10 kader PHBS PKK Desa Air Panas, dengan membawakan 10 indikator melalui peragaan alat dan cara melakukan berbagai kegiatan indicator PHBS.

Selain itu, Juga diikuti penampilan dari Ibu-ibuk PKK dan ada penampilan "Suami Siaga" (Siap Antar Jaga) untuk mendukung indikator penilaian PHBS.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati mengatakan, TP PKK Rohul ucapkan selamat datang kepada tim penilaian dari Tim Penilai PHBS dan TP PKK Riau di Negeri Seribu Suluk.

Menurutnya, kegiatan  penilaian tersebut dilaksanakan dengan 10 indikator penilaian PHBS yakni, Persalinan ditolong oleh tenaga Kesehatan, Memberi ASI Ekslusif, Menimbang Bayi dan Balita, Menggunakan Air Bersih.

Selain itu, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari dan melakukan aktivitas fisik setiap hari serta tidak merokok di dalam rumah.

"TP PKK Rohul, PKK Desa Air Panas dan seluruh stakeolder terkait, selama ini sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti sosialisasi PHBS, tatanan Rumah Tangga, Gerakkan serentak PSN, Penyegaran Kader PHBS, pengolaan data dan evaluasi, monitoring Evaluasi dan melaporkan hasil kegiatan secara rutin dan menjabarkan 10 hasil indikator penilaian," ucapnya

Hj Peni Herawati juga menjelaskan, bahwa TP PKK Rohul juga sudah melakukan metode  pembinaan, penyuluhan dari PKK Kabupaten dan penyebaran informasi kepada TP PKK Kecamatan dan PKK Desa Air Panas.

Jelasnya lagi, juga sudah melaksanakan kunjungan  ke rumah-rumah, pembinaan PHBS di Rumah Tangga, pemilahan sampah rumah tangga, dan melaksanakan  senam lansia dan lain sebagaianya.

"Pembinaan ini sudah cukup lama kita lakukan di Desa Air Panas, kita harapkan seluruh masyarakat dapat menjaga lingkungan, diharapkan menjadi lingkungan yang sehat untuk dapat menunjang prilaku hidup sehat secara berkala," katanya

Hj Peni berharap ke Tim Penilai, agar bisa memberikan penilaian secara objektif di Desa Air Panas dan Desa Lubuk Betung mewakili perlombaan pada tingkat Provinsi.

"Kami juga berterima kasih ke Tim Penilai, Bupati Rohul, OPD Rohul, Camat, Kades, PKK, Posyandu telah menyiapkan lomba sehingga berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, diakui Ketua Tim Penilai PHBS Dedi Parlaungan, untuk kali keduanya melakukan penilaian PHBS di Rohul, sebelumnya di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara.

"Kesan pertama begitu menggoda saat saya datang di Desa Bangun Jaya. Melihat slogan "bersemi" (Bersih, Sehat dan Madani, Indah) ini pola sehat dalam kehidupan di Desa Air Panas, jadi penilaiannya yang penting terlaksananya secara konsisten 10 indikator PHBS," terangnya.

Dedi berharap, kegiatan itu tidak hanya sekedar penilaian saja, tetapi yang paling penting melakukan pembinaan, untuk menuju Desa yang sehat dan produktif.

Kemudian, Bupati Sukiman  juga mengharapkan, agar masyarakat di Desa Air Panas dapat membiasakan berprilaku hidup bersih dan sehat, bukan hanya disaat dilakukan penilaian saja, tetapi juga diharap diterap dalam kehidupan sehari-hari.

"Itu semua dilakukan agar masyarakat sehat, kuat dan hebat, kemudian tetap terapkan 10 indikator PHBS, dan mari kita pelihara dan jaga kebersihan desa kita, terutama diawali dari rumah kita sendiri," imbaunya

Bupati Sukiman juga menyebutkan, dirinya selalu memberikan support penuh ke TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan PKK Desa Air Panas untuk melakukan berbagai kegiatan yang diintegrasikan ke para OPD yang ada di Kabupaten Rohul, agar penilaian PHBS ini berjalan lancar agar dapat hasil yang optimal.

Bupati Sukiman juga mengaku, kegiatan ini juga memerlukan waktu persiapan yang cukup lama, meski di tengah kesibukan masyarakat sebagai pekerja maupun ibu Rumah Tangga, mampu melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Menerapkan hidup bersih dan sehat, merupakan kewajiban dan kebutuhan kita semua dalam mewujudkan masyarakat berprilaku dan menjaga pola hidup bersih dan sehat.” Katanya,

Bupati Sukiman juga menegaskan, dirinya optimis Desa Air Panas dapat meraih prediket terbaik dalam lomba PHBS tingkat Provinsi Riau, pasalnya selama ini peran masyarakat sangat mendukung dan Pemkab melakukan pembinaan terintegrasi.

Bupati Sukiman berharap, hasil penilaian ini dapat hasil yang memuaskan, Pemkab terus membina Desa Air Panas, agar bisa meraih juara tingkat Provinsi bahkan nasional.

"Kami komitmen menciptkan Desa ber PHBS, bukan hanya sekedar penilaian, tetapi bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membiasakan pola hidup sehat," katanya

Ditempat yang sama, Kepala Desa Air Panas Rahayu Amd mengungkapkan, tentunya dengan adanya PHBS, pihaknya merasa bersyukur dengan adanya Penilaian PHBS yang dilakukan oleh tim penilai tingkat Provinsi

"PHBS ini kami usung dengan konsep Bersemi (Bersih Sehat dan Madani Indah), Karena tujuan dari PHBS itu sendiri bagai mana membiasakan masyarakat untuk bisa menerapkan hidup bersih dan sehat," ucapnya.

Usai mengikuti Penilaian PHBS di Desa Air Panas, Bupati dan Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, juga menghadiri Penilaian Posyandu Mekar Sari Desa Lubuk Betung, Kecamatan Pendalian IV Koto, masuk dalam kategori penilaian Lomba PHBS mewakili Kabupaten Rohul Lomba Desa PHBS tingkat Provinsi Riau.