Bupati Sukiman Lantik dan Kukuhkan Pejabat Eselon II, III dan IV

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman secara resmi melantik dan mengukuhkan, serta  mengambil sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II, Pimpinan Pejabat Administrator Eselon III Camat, Pejabat Administrator Eselon III dan Pejabat Pengawas Eselon IV dilingkungan Pemkab Rohul, yang dipusatkan diaula Lantai III Kantor Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Senin (22/10/2018).

Dalam acara pelatikan turut juga dihadiri Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Asisten III Administrasi Umum Helfiskar SH MH dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohul.

Pelantikan dan Pengukuhan itu sesuai dengan Keputusan Bupati Rohul Nomor : KPTS.821.22/BKPP-MT/716/2018 tanggal 24 September 2018 Tentang Pengukuhan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II dilingkungan Pemkab Rohul, Nifzar SP M.IP tetap dilantik sebagai Kepala Bappeda Rohul dan Jaharudin SP MM dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik yang sebelum menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKAD) Rohul.

Meski sempat ada penolakan dan diwarnai aksi demo, Basri SKM tetap dilantik dan dikukuhkan sebagai Camat Bonai Darussalam, yang sebelumnya tidak ikut dilantik pada Jum'at (31/9/2018) lalu, karena melaksanakan Ibadah Haji. Sementara Pejabat Administrator Eselon III lainnya dilantik sebanyak 2 orang.

Kemudian Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional Guru Sebagai Kepala Sekolah dan Pejabat Fungsional Arsiparis melalui penyesuaian/inpasing di lingkungan Pemkab Rohul sebanyak 2 orang, seperti Jonizar SS jabatan sebagai Arsiparis Muda di Dinas Perpustakaan dan Arsip Rohul dan Hj Rusnida SE sebagai Arsiparis Muda diinstansi di Dinas Perpustakaan dan Arsip Rohul.

Sementara itu, Penugasan Guru sebagai sebagai Kepala Sekolah SD sebanyak 38 orang, Penugasan Guru sebagai sebagai Kepala Sekolah SMP sebanyak 15 orang dan Penugasan Guru sebagai sebagai Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak sebanyak 2 orang.  

Usai melantik dan mengukuhkan Pejabat Eselon, Bupati Rohul H. Sukiman dalam sambutannya berpesan kepada yang pejabat yang dilantik untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Jadi pelantikan ini sudah sesuai dengan pertimbangan saya. Saya selain sebagai Bupati, Komandan dan juga sebagai Bapak saya berpikir seperti pelantikan dan pergeseran jabatan itu hal biasa, seperti pak Jahar ini salah satu pertimbangan saya karena beliau masih muda dan karirnya masih panjang, kalau Pak Nifzarkan masih ada sekitar 2 tahun lagi,” kata Bupati Sukiman

Bupati Sukiman berharap kepada pejabat yang baru dilantik, agar memelihara dan meningkatkan kualitas kinerjanya serta mampu menjadi pejabat yang pro aktif dalam melayani dan mengabdi kepada masyarakat.

“Saya berharap kepada pejabat yang baru dilantik untuk segera melayani masyarakat dengan baik. Salah satu caranya, selalu melakukan koordinasi dan kerja sama dengan perangkat daerah lainnya, untuk membahas berbagai kendala ataupun melakukan terobosan-terobosan baru,"terangnya.

Selain itu, Bupati Sukiman menjelaskan, bahwa ASN adalah  perpanjangan tangan kepala daerah, untuk menggerakan mesin birokrasi serta mewujudkan visi dan misi kepala daerah, dengan cara mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi yang ada, guna mendukung  setiap kebijakan   yang diberikan kepala daerah.

"Karena untuk menata, membina dan meningkatkan pelayan kepada masyarakat, kewajibannya harus ditunaikan, tanggung jawabnya harus dipikul dan tugasnya harus dilaksanakan dengan baik," kata Sukiman

Lanjutnya, Mantan Dandim Inhil ini juga mengucapkan selamat kepada Camat Bonai Darussalam H. Basri SKM, dirinya berharap ditempat yang baru untuk segera berbaur dengan masyarakat serta jaga sikap dan prilaku, seorang Camat harus menjadi contoh dan disiplin dalam melayani masyarakat.

“Saya minta kepada Camat Bonai Darussalam agar tetap disiplin dan menjadi contoh ditengah masyarakat, selamat bertugas dan bekerja dengan baik, pelajari tugas pokok dan fungsi seorang Camat,” pintanya

Selain itu, kata Bupati Sukiman, dirinya berpesan kepada Kepala Sekolah agar menjadi contoh yang baik bagi anak muridnya. Peran Kepala Sekolah tentunya sangat penting dalam membina dan meningkatkan kualitas lulusan anak didik. Untuk itu ia berharap agar Kepala Sekolah yang baru dilantik dapat memberikan inovasi, serta pelayanan yang maksimal bagi orang tua murid dan juga murid di sekolah.

“Kami harapkan Kepala Sekolah yang baru dikukuhkan ini dapat memberikan inovasi dan pembinaan dalam meningkatkan prestasi nilai terbaik kepada siswa. Kepala Sekolah juga musti harus tingkatkan disiplin, komunikasi dan yang lebih penting ajari siswanya hapal lagu wajib dan Pancsila,” pintanya.