Bupati Sukiman Minta Camat dan Kades se Rohul Harus Peduli dan Wujudkan Kebersihan Lingkungan

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman secara tegas menginstruksikan kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Rohul agar peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Untuk itu, pemerintah kecamatan untuk lakukan koordinasi bersama Kelurahan dan pemerintah desa  untuk secara bersama-sama mengajak masyarakatnya untuk mengiatkan kegiatan gotong royong (Goro) membersihkan lingkungan di wilayah masing-masing.

‘’Kita menegaskan para camat se Rohul agar sikapi ini. Berikan pemahaman kepada desa dan masyarakat tentang kepedulian kebersihan terhadap lingkungan. Karena Keindahan kota itu berawal dari desa, kelurahan hingga kecamatan. Tapi masyarakat harus peduli dan mau kerjasama dengan aparat desa dan kecamatan untuk membersihkan lingkungannya tanpa terkecuali,’’ ungkap Bupati Rohul H Sukiman kepada wartawan, usai melakukan rapat koordinasi dengan Kepala OPD dan Camat se Rohul di kantor bupati.

Menurutnya, dari kunjungan kerja ke desa dan kecamatan se Rohul, masih terdapat kantor pemerintahan yang masih perlu ditingkatkan kebersihannya. Seharusnya sebagai kantor pelayanan pemerintahan ditingkat bawah, lingkungannya harus bersih. Sehingga akan dapt memotivasi masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

Orang Nomor satu Rohul itu mengatakan, kebersihan adalah bagian dari Iman. Lingkungan yang bersih terhindar dari penyakit. Karena itu sangatlah penting bagi seluruh masyarakat untuk memperhatikan hal itu. Sebab, keindahan sebuah kota itu tolak ukurnya dari lingkungan disekitar dan ini juga harus ada kemauan dari semua masyarakat.

‘’Seluruh camat harus memberikan pemahaman terhadap kebersihan lingkungan dan menyampaikan kepada masyarakatnya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan,’’ ujarnya.

Bupati meminta pemerintah kecamatan, Kelurahan dan desa untuk dapat menetapkan jadwal gotong royong untuk kegiatan membersihkan lingkungan.

Tentunya Camat, Lurah dan kepala desa se Rohul lakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dalam menetapkan jadwal kegiatan gotong royong. Sehingga pelaksanaan kegiatan membersihkan lingkungan tempat tinggal, fasilitas umum dapat dijadwalkan dan diterapkan setiap pekan. 

‘’Tak hanya kantor desa, Saya melihat salah satu kantor camat yang kurang perhatiannya terhadap kebersihan lingkungan perkantoran. Bahkan plang kantornya yang ada, sudah tidak layak lagi. Seharusnya kantor camat sebagai contoh bagi desa untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan,’’ tuturnya.

Sukiman menghimbau camat dan kepala desa untuk dapat melakukan penghijauan di kantor, tempat fasilitas umum dan jalan. Karena dengan tumbuhan hijau itu menambah asri, indahnya ibukota desa dan kelurahan termasuk kecamatan.

‘’Dengan semangat goro melakukann kegiatan pembersihan lingkungan, dapat menjalin silaturrahim antara masyarakat dengan pemerintah kecamatan dan perangkat desa. Sebagai wujud kebersamaan dalam memajukan pembangunan di Negeri Seribu Suluk,’’ tuturnya. (Rhc)