Diterima Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, Kabupaten Rohul Raih Juara I BKR dan Prakarti Madya III PHBS Tingkat Nasional

Sejumlah prestasi yang membanggakan diraih  Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam lomba ditingkat Provinsi Riau dan Tingka Nasional.

Keberhasilan dalam perolehan Juara dan prestasi yang gemilang pada bulan ini (Juli, red), tidak terlepas kepemimpinan H Sukiman selaku Bupati Rokan Hulu (Rohul) didukung Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa di Rohul.

Selain dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal dan organisasi sosial kemasyarakatan di Rohul. Ada tiga prestasi yang mengharumkan nama baik Provinsi Riau khususnya Rokan Hulu, atas pemenangan Lomba yang dilaksanakan ditingkat Provinsi Riau dan Nasional.

Seperti Lomba Bina Keluarga Remaja (BKR) tingkat Nasional, Rokan Hulu utusan Provinsi Riau meraih Juara I tingkat Nasional atasnama Indah Walistianah, SPd selaku Kader TP PKK dan Ketua Kelompok BKR Sahabat Setia Desa Kota Baru Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rohul.

Penyerahan Tropi dan Piagam penghargaan Lomba BKR diserahkan oleh Plt Kepala BKKBN Sigit Priohutomo, dalam acara Jambore Puncak Hari Keluarga Nasional di Manado Provinsi Sulawesi Utara 5-7 Juli lalu.

Turut mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rohul Hj Peni Herawati Sukiman didampingi Sekretaris TP PKK Rohul Hj Netty Herawati Haris, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Rohul H Yulisman SS MM.

Masih dalam rangkaian puncak Harganas di Manado, Kabupaten Rokan Hulu mewakili Provinsi Riau dalam Lomba PHBS tingkat Nasional tahun ini, meraih prestasi Juara III Pakarti Madya PHBS Desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara.

Keberhasilan tersebut tidak terlpas dukungan, binaan dan suppor dari Pemkab dan Ketua Tim Penggerak PKK Rohul, sehingga Kabupaten Rokan Hulu berhak mendapat Piala dan Piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Pusat dr Ny Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman.

Disamping prestasi tingkat Nasional yang sangat membanggakan Masyarakat Rohul dan Provinsi Riau itu, Sabtu (7/7), dibidang lainnya, Pemkab Rohul melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengukir prestasi Juara I Parade Tari Daerah tingkat Provinsi Riau dengan meraih Piala Bergilir Gubernur Riau di Anjungan Seni Idris Tintin Pekanbaru.

Atas prestasi yang gemilang itu, Rokan Hulu akan mewakili Provinsi Riau untuk Parade Tari Daerah tingkat Nasional Agustus  tahun 2018 di TMMI.

Bupati Rokan Hulu H Sukiman kepada wartawan, Sabtu (7/7) mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Atas sejumlah prestasi yang ditorehkan Rokan Hulu ditingkat Provinsi dan Nasional yang sangat membanggakan bagi masyarat dan pemerintah Kabupaten Rohul.

Yakni Juara I Lomba BKR tingkat Nasional, Juara III Lomba PHBS tingkat Nasional dan Juara I Parade Tarian Daerah tingkat Provinsi Riau yang nantinya mewakili Provinsi ditingkat Nasional.

‘’Kita mengucapkan Terimakasih kepada TP PKK Provinsi, BKKBN Provinsi Riau, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati beserta jajarannya, OPD yang telah berusaha maksimal dalam melakukan pembinaan dan motivasi kepada kader PKK untuk mengikut lomba ditingkat Nasional (BKR dan PHBS). Tentunya prestasi yang diraih ini dimasa mendatang dapat dipertahankan dan ditingkatkan,’’ ujarnya.

 Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, mengaku bangga atas prestasi Juara I yang diraih dalam Lomba BKR tingkat Nasional.

Karena lomba tersebut diikuti 34 Provinsi se Indonesia. Tentunya apa yang dinilai oleh Tim Penilai Pusat terhadap Kelompok BKR Sahabat Setia Desa Kota Baru Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rohul, itu sesuai kondisi rill.

‘’Prestasi ini keberhasilan bersama, tidak terlepas dukungan dari Bupati beserta OPD Rohul dan instansi terkait. Sehingga Rokan Hulu bisa mengukir prestasi yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama baik Provinsi Riau khususnya Rohul di Kancah Nasional,’’ ujarnya

Istri orang nomor satu Rohul itu mengatakan, TP PKK Rohul terus berbuat dan mempunyai keinginan, dengan perolehan Juara I Lomba BKR dan Juara III Lomba PHBS tingkat Nasional, akan terus meningkatkan bagaimana trik trik bina keluarga remaja, PHBS akan lebih baik kedepan berkerjasama dengan OPD terkait.

‘’Prestasi ini kita belum merasa puas, karena yang paling terpenting bagaimana keberhasilan terhadap pembinaan terhadap keluarga remaja di desa-desa dapat ditingkatkan dan diaplikasikan, dengan melaksanakan penyuluhan, sosialiasi terhadap bahaya  narkba, AID/HIV, Kenakalan Remaja, agar generasi muda Rohul terhindar dari sesuatu yang dapat merugikan masa depannya,’’ ujar Ketua PMI Rohul itu. 

Dikatakan Kasubag Peliputan Bagian Humas Setdakab Rohul, Tanti Ekasari SS.M.Si via sambungan telepon mengatakan, penghargaan diberikan Ketua Umum TP PKK Pusat ke Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Harawati, bersempena pembukaan pameran dan penyerahan penghargaan pemenang lomba Getrtaj PKK-KB Kes, PHBS serta Posyandu Prakarti Utama dan Prakarti Madya III.

Tanti Ekasari dari Manado juga menyatakan, pada kegiatan puncak Harganas ke XXV, dijadwalkan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo. Hingga kemarin, Hj Peni Herawati masih berada di Manado, untuk ikuti sejumlah acara yang akan digelar Minggu.

“Ini merupakan penghargaan yang cukup membanggakan, sehingga kita harapkan seluruh desa, dan pihak pihak lainnya, mari bersama-sama melakukan hal yang terbaik, dalam meningkatkan pembangunan di Rohul ini. Kedepannya kita berharap, dengan adanya penghargaan yang diraih maka semakin meningkatnya pembangunan di Negeri Seribu Suluk,” harap Peni Herawati. (Adv/Humas)