Hasil Pleno KPU, Bawaslu Rohul Temukan 1.218 Pemilih Ganda

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Rokan Hulu, telah melaksanakan pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui pleno pada tanggal 19 Agustus 2018 lalu. Namun, dari hasil verifikasi secara manual yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu Daerah (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hulu, menemukan sekitar 1.218 DPT ganda.

Hal itu dibenarkan Komisioner Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu, Gummer Siregar selaku Divisi Hubungan Masyarakat Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, pada Rabu (12/9/2018). Disampaikannya, dari hasil temuan tersebut telah direkomendasi kepada KPU Rohul, untuk dilakukan penghapusan.

 

“hari ini kita menindaklanjuti verifikasi vaktual dengan turun kelapangan tentang temuan daftar pemilih  ganda sebanyak 1.218 oleh Bawaslu Rokan Hulu. Karena direncanakan paling lambat besok sudah di plenokan,”ungkap Gummer Siregar.

Menurut Gummer Siregar, temuan DPT ganda tersebut ditemukan berdasarkan hasil kroscek yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Rohul. Temuan DPT ganda tersebut kemudian di direkomendasikan kepada KPU untuk dilakukan penghapusan.

“Temuan ini sudah kita sampaikan ke KPU dan sudah disandingkan datanya. Alhamdulilah dari hasil analisis yang dilakukan KPU ternyata mereka (KPU) masih menemukan lagi tambahan DPT ganda itu sebanyak 568. Itulah dua dokumen ini yang sedang di singkronkan dan di vaktualkan dilapangan pada hari ini,”terang Gummer Siregar.

Gummer Siregar menduga, banyaknya DPT ganda di Kabupaten Rokan Hulu, ada tiga faktor penyebabnya. Diantaranya, persamaan tanggal lahir, persamaan nomor NIK, dan persamaan identitas atau nama. Temuan ini didapat dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh Bawaslu secara manual.

“ternyata Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) yang digunakan KPU ternyata belum mampu memfilter data ganda. Sehingga kita lakukanlah verfikasi secara manual melalui program XL. Dan hasilnya sangat baik sehingga ditemukan ribuan pemilih ganda,”ungkap Gummer Siregar lagi.

Ditambahkannya, jumlah DPT Pileg dan Pilpres yang ditetapkan KPU Kabupaten Rokan Hulu, sebelumnya sebanyak 311. 171. Jika dibandingkan dengan DPT Pemilihan Gubernur Riau, dan Wakil Gubernur Riau, 2018 yang juga sebelumnya ditetapkan tidak jauh beda yakni 310.997 DPT.

Sementara itu, Ketua KPU Rohul, Fahrizal, saat ditemui di Kantornya, tidak dapat ditemui karena tengah melakukan rapat. Fahrizal, berpesan melalui salah seorang pegawai KPU, jadwal konfirmasi dilakukan usai rapat. Sejak berita ini diturunkan, Ketua KPU Rohul, masih rapat.

Disisi lain, jika dibandingkan dengan Pilgubri, Pileg dan Pilpres tak ditemukan penambahan pemilih secara siknifikan. Sementara jika dinilai dari penambahan usia masyarakat setiap tahunnya bahkan setiap bulannya diduga mengalami peningkatkan.