Kakanwil Kemenkumham Riau Pastikan Tidak Ada Lapas Kamar Mewah Di Riau

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Riau Muhamad Diah SH.MH, Memastikan tidak terdapat "lapas mewah" di seluruh lapas dan rutan di provinsi riau.

Menurut Kakanwil, Kejadian di Lapas Sukamiskin, tidak bisa disamakan dengan Lapas di daerah lainya. dia menyatakan, pasca kejadian Sukamiskin, dirinya sudah turun dan memastikan tidak ada satupun Lapas atau Rutan di Riau yang memiliki "Kamar Mewah". Sampai Saat ini saya tidak temukan ada lapas di Riau yang terdapat kamar Mewah" tegas kakanwil Kemenkumham Riau, saat melakukan Monitoring ke lapas kelas II B Pasirpengaraian, Selasa (7/8/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Kakanwil Kemenkumham riau melakukan tinjauan ke kamar tahanan Tipikor dilapas untuk memastikan tidak adanya "kamar mewah" di lapas kelas II B Pasirpengaraian. Bahkan, saat meninjau kamar tahanan Tipikor, Kakanwil mendapati tahanan tipikor, berada satu sel dengan 41 warga binaan kasus pidana umum. Selain Meninjau Tahanan Tipikor, Kakanwil juga meninjau beberapa kamar tahanan lain, yang dipadati warga binaan.  disana, Kakanwil menjumpai para warga binaan yang sedang membuat kerajinan tangan. ia kemudian berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan para warga binaan. ini bagus sekali kerajinan tanganya, ini harus terus di asah selama berada di sini, paling tidak untuk membunuh waktu, dan menambah pendapatan juga kan" ucapnya kepada warga binaan.

 Menurut Kakanwil inilah gambaran Lapas di riau sesungguhnya. jangankan kamar mewah, kondisi lapas di riau pun, saat ini mengalami kondisi over kapasitas. bahkan Narapindan korupsi

 "jangankan Kamar mewah, satu kamar saja mereka harus berdesak-desakan, bahkan napi Tipikor pun harus digabung dengan warga binaan lain" Katanya.