Kembangkan Potensi Daerah, Bupati Rohul Teken MoU Dengan UGM Yogyakarta

Dalam rangka meningkatkan kemajuan daerah diperlukan peningkatan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk mengembangkan potensi daerah, dengan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai bentuk komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) jajaki kerjasama yang dituangkan dalam Memorandum Of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan UniversitasGajah Mada (UGM) Yogyakarta tentang Penelitian Pendidikan dan Pengabdian kepada masyarakat, yang digelar di Ruang Multimedia, Gedung Pusat Universitas Gajah Mada Lantai III Sayap Utara, Bulaksumur, Yogyakarta, Kamis (13/9/2018) pagi.

MoU Pemkab Rohul dengan UGM ini  tentang Penelitian Pendidikan dan Pengabdian  kepada masyarakat di Kab Rokan Hulu tentang Pendidikan dan Penelitian dalam bidang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi serta PT Industri Telekomunikasi Indonesia tersebut disusun dengan maksud untuk memberikan dasar hukum bagi para pihak dalam melaksanakan kerja sama guna meningkatkan kemampuan segenap potensi dan sumber daya yang tersedia di Kabupaten Rohul.

Dalam acara itu, turut juga dihadiri Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng kepala BMKG Prof. Ir. Dwi Korita Karnawati, M.Sc, Ph.D, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman,  Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Rohul Drs Ibnu Ulya M.Si, Kabag Adwil Elbizri S.STP (kini Camat Rambah), Kabag Perlengkapan Sony Efrinal Serta Plt Kabag Humas Setda Rohul Tanti Ekasari.

Tindak lanjut dari MoU tersebut adalah penyajian Sistem Informasi Geospasial untuk Kab Rohul, maka perlu dilakukan survey GCP (Ground Control Point) untuk mendapatkan hasil Peta Citra Resolusi Tinggi untuk Kab Rokan Hulu yang akan dilakukan oleh tenaga ahli dari UGM dalam pelaksanaan penetapan dan penegasan batas-batas Desa di Kab Rohul.

Pada kesempatan itu, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman juga menyampaikan MoU ini bukan hanya di atas kertas saja tetapi ini sangat penting dilakukan kerjasama, dengan adanya MoU ini Pemkab Rohul berharap dalam pelaksanaan dan penetapan batas-batas desa bisa berjalan dengan baik dan dapat membantu Rokan Hulu yg lebih baik dari sekarang yang baru berumur 18 tahun.

Bupati Sukiman menambahkan, atas nama Pemkab Rohul mengucapkan terima kasih kepada UGM Yogyakarta yang telah bersedia untuk bekerjasama, Pemkab Rohul sangat menyambut baik kerjasama ini dalam kegiatan pendidikan, Penelitian dan pengabdian masyarakat dengan pihak UGM Yogyakarta.

“Nota Kesepahaman ini memiliki peranan penting dalam mendorong pembangunan di daerah kami, karena kebijakan yang diambil oleh Pemda perlu didukung kajian dari Peneliti dan Ahli dari Perguruan Tinggi, Apalagi UGM ini salah satu Universitas yang mempunyai tenaga ahli sehingga hasilnya nanti dapat kami jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan kami nantinya,” harap Sukiman

Mantan Dandim Inhil ini berharap kerja sama antara Pemkab Rohul dengan UGM ini dapat membantu dalam memfasilitasi Program Pemerintah Daerah Rohul. Dengan transfer Teknologi dan Informasi dari pihak UGM, Pemkab Rohul berharap bisa meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) untuk Kabupaten Rohul yang berjuluk Negeri Seribu Suluk lebih baik kedepannya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan baru bahwa satu peran penting dari sistem informasi geospasial Desa ini adalah penyusunan Peta Desa yang menjadi infrastruktur Pemerintahan desa sekaligus menjadi dasar untuk membangun Desa dan wilayah perdesaan.

Sementara itu, Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng, D.Eng menyampaikan atas nama Universitas Gajah Mada mengucapkan selamat datang di UGM Yogyakarta. Pihak UGM ingin terus hadir untuk bisa memberikan dukungan dalam pengembangan daerah yang ada di Rokan Hulu, seperti Penelitian-penelitian tentang daerah-daerah untuk percepatan kemajuan dan mencapai kemakmuran masyarakat.

“Dengan telah dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama ini agar ilmu yang dimiliki UGM dapat diimplementasikan dan semoga bermanfaat bagi Kabupaten Rokan Hulu. Dengan adanya perjanjian kerjasama ini juga, semoga hubungan antara Pemkab Rohul dengan UGM dapat terus berjalan dengan baik,” harap Rektor UGM.