Mantap.. Rohul Juara I Parade Tari Daerah Tingkat Provinsi Riau

Kabupaten Rokan Hulu berhasil meraih Piala Bergilir Gubernur Riau atas prestasi Juara I yang diraih pada pelaksanaan Parade Tari Daerah tingkat Provinsi Riau yang dipusatkan di Anjungan Seni Idrus Tintin Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji purna MTQ jalan Sudirman Pekanbaru.

Parade yang diikuti oleh perwakilan Kabupaten/Kota se Provinsi Riau tersebut, merupakan Parade bergengsi yang dilaksanakan sekali setahun oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata.

Ajang Parade ini sebagai pencarian bibit sekaligus seleksi tingkat Provinsi Riau untuk mewakili tingkat Nasional. Parade Tari Daerah ini telah dilaksanakan 25 tahun.

Namun Kabupaten Rohul telah mengikuti sebanyak 17 kali, namun tahun ini, baru berhasil mengukir prestasi Juara I Parade Tari Daerah tingkat Provinsi Riau. Dimana Rokan Hulu pada Parade Tari Daerah tingkat Provinsi tahun ini, mengangkat tradisi masyarakat yang melaksanakan masak bersama dan makan bersama serta nilai kegotongroyongan dengan nama ‘’Makan Bukancah’’.

Kadis Pariwisata Provinsi Riau Fahmi dalam sambutannya, menjelaskan, Seni Tari tradional merupakan bagian dari peningkatan eksistensi kebudayaan melayu di Provinsi Riau. Karena kegiatan ini, salah satu upaya melestarikan budaya khususnya tari.

Disamping itu memiliki nilai-nilai moral dan seni bagi peningkatan peradaban melayu, kini dan masa mendatang, sekaligus untuk meningkatkan kemampuan dan mengembangkan budaya melayu di tengah kebudayaan nasional.

‘’Parade Tari Daerah ini, bukan berarti membandingkan budaya satu dengan budaya lain. Melainkan bagaimana dengan persaingan itu, dapat masing masing maju dengan karakter dan ciri khas serta jati diri sendiri. Sehingga mempunyai nilai yang tinggi dan orisinal bagi daerahnya masing masing,’’ ujarnya

Yang menjadi penilaian lomba Parade Tari Daerah tingkat Provinsi Riau terdiri dari 4 kategori. Dari ke 4 kategori itu, Rokan Hulu meraih Juara 1 untuk penyajian terbaik, Juara 1 untuk penata tari terbaik, Juara 1 untuk penata musik terbaik, Juara 3 untuk penata Rias dan
Busana terbaik.

‘’Atas prestasi itu, Kabupaten Rokan Hulu berhak mendapatkan Piala bergilir Gubernur Riau tahun 2018 yang telah berumur seperempat abad itu, yang sebelumnya berada di Kota Pekanbaru. Rokan Hulu sekaligus akan mewakili Provinsi Riau di ajang Tari daerah tingkat Nasional yang akan dilaksanakan  pada Agustus 2018 ini di TMII Jakarta,’’ ungkap Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Rohul Drs Yusmar MSi kepada wartawan, Ahad (8/7/2018).

Yusmar mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rohul H Sukiman, Pj Sekda  Rohul H Abdul Haris SSos MSi dan semua pihak atas doa dan kontribusinya baik langsung maupun tidak langsung, sehingga Rohul bisa ukir prestasi ini. Semoga prestasi kecil ini awal pertanda dari prestasi prestasi besar berikutnya dalam rangka membangun Rokan Hulu lebih baik.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H Sukiman memberikan apresiasi atas prestasi yang membanggakan masyarakat dan Kabupaten Rokan Huli ini. Karena telah ikut mengharumkan nama baik Rokan Hulu di tingkat Provinsi Riau.

Atas Prestasi itu, Rokan Hulu sekaligus mewakili Provinsi Riau di ajang Parade Tari Nasional nantinya di Jakarta. ‘’Prestasi ini di harapkan dapat memacu dan mendorong lahirnya prestasi prestasi lainnya untuk meningkatkan eksistensi Rokan Hulu  baik di ajang Provinsi maupun di tingkat Nasional. Sehingga Rokan Hulu dapat terus maju dan sejahtera,’’ tambah Sukiman. (Rhc)