MTQ Ke 18 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu 2018

Helat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 18 tingkat Kabupaten Rokan Hulu, akan dilaksanakan selama lima hari, terhitung 1-7 November mendatang. Kegiatan rutin keagamaan  itu, dipusatkan pelaksanaannya di Purna MTQ Riau sebagai astaka utama dan  Masjid Agung Islamic Center Rohul.
 
Hal itu terungkap dalam rapat pemantapan persiapan pelaksanaan MTQ ke 18 tingkat Kabupaten Rohul yang dipimpin secara langsung Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi, Kamis, (26/10), di ruang rapat kantor bupati. 
 
Dalam rapat itu, dihadiri Kapolres Rohul AKBP M Hasyim Risahondua SIK MSi, Kakan Kemenag Rohul Drs H Syahrudin MSy, Camat, Kepala KUA, Sekretaris Panitia H Anisbar MSi yang juga Kabag Kesra Rohul.
 
Perwakilan Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar, Disdikpora, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perkim, Disperindag, Bagian Perlengkapan dan Bagian Kesra Setda Rohul dan Kades Pematang Berangan Maisar.
 
Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi kepada wartawan, Kamis, (26/10) menyebutkan, dalam rangka mensukseskan pelaksanaan MTQ ke 18 tingkat kabupaten, pemerintah daerah bersama Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Rohul dan jajarannya telah melaksanakan rapat pemantapan persiapan pelaksanaan MTQ ke 18 tingkat Kabupaten Rohul.
 
Menurutnya, dalam rapat tersebut, menghasilkan kesepakatan bersama, pelaksanaan MTQ ke 18 tingkat Kabupaten Rohul digelar 1-7 November mendatang yang dipusatkan di Kecamatan Rambah. 
 
Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten ini, lanjutnya, sudah menjadi agenda tahunan Pemkab Rohul, dalam rangka mempersiapkan bibit qori dan qoriah yang nantinya menjadi duta Rokan Hulu, sebagai persiapan menghadapi pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau tahun ini.
 
Sekda menyebutkan, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rohul tetap berupaya terlaksana dengan baik dan sukses. ’’Meriah atau tidak pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rohul, tergantung anggaran. Kita berupaya pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten tetap meriah dan semarak,’’ tutur mantan Staf Ahli Bupati Rohul itu. 
 
Ditegaskannya, Pemkab Rohul berupaya maksimal untuk meningkatkan prestasi dari qori dan qoriah dalam pelaksanaan MTQ tahun ini.‘’Jadi MTQ ke 18 tingkat Kabupaten Rohul ini, ajang mencari bibit unggul qori dan qoriah yang nantinya menjadi duta Rokan Hulu untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2018. Berharap kerjasama dan sinergi semua pihak, bahu membahu untuk mencapai harapan itu’’ tuturnya.
 
Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana MTQ ke 18 tingkat Kabupaten Rohul H Anisbar SP MSi, Kamis (26/10) menjelaskan, pelaksanaan MTQ ke 18 tingkat Kabupaten Rohul diupayakan tetap meriah. Dengan melaksanakan pawai takruf yang di ikuti 16 kecamatan se Rohul, 1 November mendatang pukul 14.00 WIB yang dipusatkan di depan gerbang Kantor Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah tepatnya di ruas jalan Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian.
 
‘’Malam harinya, pukul 20.00 Wib acara pembukaan MTQ ke 18 tingkat Kabupaten yang akan dibuka secara resmi oleh Bupati Rohul H Sukiman di Purna MTQ Riau tepatnya di depan Masjid Agung Islamic Center Rohul,’’ sebutnya. 
 
Dia menyebutkan, pada MTQ ke 18 tingkat Kabupaten Rohul tahun ini, hanya memperlombakan 5 cabang yakni, Cabang Tilawah yang meliputi Tartil Quran, Tilawah anak-anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa dan Qiroah Sab’ah 
 
Kemudian Cabang Hifzil Quran yang dilaksanakan di ruang solat utama Masjid Agung Islamic Center Rohul. Selanjutnya Cabang  Khattil Quran yang dipusatkan di MTs Negeri 3 Rohul. Lalu Cabang Fahmil Quran dengan sistem regu dan Cabang Syarhil Quran yang pelaksanaannya dipusatkan di Convention Hall Islamic Center Rohul.
 
Dia mengimbau Peserta MTQ tingkat Kabupaten Rohul, harus mengutamakan putra dan putri asli daerah dari kecamatan yang ada di Rokan Hulu, tidak mendatangkan peserta dari luar daerah. Dalam artian, lebih memberdayakan anak-anak asli Rokan Hulu pada MTQ 18 tingkat Kabupaten Rohul tahun ini.