Pengurus FORMI Rohul Periode 2017-2022 Resmi Dikukuhkan

Kepengurusan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) priode 2017-2022, secara resmi dikukuhkan Rabu (19/12/2018)

Pengukuhan pengurus FORMI Rohul,Ir. H.Damri Harun,MM dipercaya sebagai Ketua FORMI Rohul, Wakil Ketua, Seketaris Kelmi Amri (berhalangan hadir), Wakil Sekretaris MHD.Sobu, juga dilantik Ketua Bidang Pengembangan Program Basron, serta sejumlah kepala dinas, Anggota DPRD Hj.Nur Zahara ikut dilantik.   

Pengukuhan digelar di Gedung Dharma Wanita Permaisuri Pasir Pangaraian, dihadiri Bupati Rohul H Sukiman, Sekda Rohul H. Abdul Haris,  para Kepala Dinas, Badan dan Kantor, Kepala Samsat Pasir Pangaraian Zulkafli, serta dari perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau, perwakilan Disdikpora Rohul, serta tamu undangan lainnya.

Bupati Rohul usai pengukuhan menyatakan, Pemkab Rohul sangat menyambut baik terbentuknya kepengurusan FORMI Rohul. Berharap, kegiatan tradisional di masyarakat seperti egrang, bakiak, gasing serta jenis lainnya diharapkan dapat dikembangkan sehingga permainan tradisional di masyarakat akan terus terjaga dan tidak hilang ditelan zaman.“Kita harapkan dengan keterbentukan kepengurusan FORMI kita ucapkan selamat, tentunya nantinya mereka bisa bekerjasama. Kedepannya, bisa seminggu sekali gelar berbagai kegiatan tradisional, sehingga olahraga masyarakat bisa disukai masyarakat,”

Kemudian Bupati berpesan, agar pembinaan kedepannya apa yang disarankan FORMI bisa terbaik. Sehingga olahraga di masyarakat bisa menjadi yang terbaik. Dengan adanya Reformasi dan perkembangan pesat maka tanpa adanya kegiatan-kegiatan FORMI maka akan punah dan hilang. Dengan adanya FORMI maka akan bisa terus berkembang, baik di sektor rekreasi pariwisatanya maupun di tengah masyarakat.

Usai pengukuhan pengurus FORMI Rohul, Ketua FORMI Riau diwakili Sekretaris FORMI Riau, Drs.H.Nasrun Rasyid menyatakan, bahwa sebenarnya Pemkab dan masyarakat Rohul sudah lama mengembangkan olahraga tradisional.

“Kita harus lebih memajukan dan mengembangkannya, karena kekayaan budaya bangsa kita terutama di Rohul seperti cabang gasing, dan lainnnya hari ini sudah terbentuk dan sudah dikomandoi Damri Harun melalui FORMI Rohul,”

“Kemudian, harus diketahui bahwa tidak ada atlet khusus atet di FORMI. Namun masyaraktlah pelakunya. Siapa saja bisa melakukannya, dan sudah ada di masyarakat beda dengan olahraga prestasi di bawah KONI. Namun olahraga bersifat rekreasi, budaya berada di naungan FORMI, dan kedepannya harus digali dan dikembangkan,” imbaunya.  

Sementara itu, Ketua FORMI Rohul Damri Harun menyatakan, bahwa FORMI Rohul sudah terbentuk Januari 2017. Bahkan FORMI Rohul sudah melakukan berbagai pertandingan, tingkat Riau, nasional bahkan internasional.

“Kita sudah meraih berbagai prestasi, ini memacu aktifitas sehingga kedepannya kita gali bibit olahraga di masyarakat yang selama ini terpendam, kemudian nantinya bila ada pertandingan-pertandingan maka Rohul wajib bertanding,” kata Damri.

Di kegiatan itu, juga ditampilkan berbagai permainan trasional masyarakat, mulai penampinan tari persembahan, tari tor-tor, kuda lumping, Godang Barogong, pencak silat, serta gasing.