Peringati Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW, Pemkab Rohul Ajak Masyarakat Contoh Keteladanan Nabi Muhammad

Momentum peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW 1439 H/2018 Masehi, dapat dijadikan sebagai sarana bagi umat muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Tentunya peringatan Israk Mikraj tahun ini, umat islam di Negeri Seribu Suluk dapat memetik hikmah, dan mengambil nilai keteladanan sifat dan sikap, semangat juang, ketangguhan dan keimanan Nabi Muhammad SAW, dalam mengemban Wahyu Allah, yang pada akhirnya bermanfaat bagi kehidupan dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Harapan itu disampaikan Bupati Rokan Hulu H Sukiman yang diwakili Asisten III Setda Rohul H Helfiskar SH MH, Selasa (10/4), usai menghadiri Tablik Akbar dalam rangka memperingati Israk Mikraj Nabi besar Muhammad SAW tingkat Kabupaten Rohul, yang dipusatkan di Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Rokan Hulu.

Dalam acara tersebut dihadiri perwakilan Forkopimda,  Kepala Kantor Kemenag Rohul Drs H Syahruddin MSy, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah beserta pegawai dan masyarakat Rohul.

Helfiskar menjelaskan, peristiwa Israk mikraj Nabi Muhammad SAW, intinya adalah salat. Dimana pelaksanaan salat lima waktu dan sunat dapat diterapkan dalam kehidupan dan lingkungan keluarga, karena berfungsi dalam mencegah umat melakukan perbuatan yang mungkar dan meningkatkan perbuatan yang baik.

‘’Jadi nilai-nilai salat yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, menjadi momentum yang paling baik untuk dilakukan evaluasi dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,’’ jelasnya.

Tentunya momentum peringatan Israk Mikraj dengan melaksanakan salat yang benar, akan ada nilai kebersamaan, kejujuran, dan berbuat baik sebanyak-banyaknya. Karena dengan salat, umat dapat jauh dari sifat dengki dan iri hati.

’’Inilah-nilai-nilai positif yang harus diambil dari peristiwa Isra’ Mikraj yang dilaksanakan ini, dengan meningkatkan ibadah dan keimanan serta ketaqwaan kita kepada Allah SWT,’’ tuturnya. 

Helfiskar mengajak umat Islam untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Rohul dalam rangka memakmurkan masjid dan melaksanakan salat lima waktu berjamaah, magrib mengaji serta kegiatan keagamaan lainnya.

Dalam pada itu, penceramah Ustad Ahmad Alhabsy dalam tausiahnya menjelaskan dengan panjang perisitwa Israk Mikra Nabi Muhammad SAW. Dengan meningkatkan serta penerapan salat yang benar dan perbanyak membaca Alquran dengan memahami isi dan kandungannya. Umat islam dituntut untuk melakukan peningkatan kualitas ibadah.