Talk Show Peringati Hari Kartini, Ketua TP PKK Ajak Perempuan Rohul Terus Berjuang dan Berkarya

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Ketua TP PKK Rokan Hulu (Rohul) Hj Peni Herawati Sukiman menghadiri acara peringatan Hari Kartini seperti acara bersempena Gernas Baku (Gerakan Nasional Orang Tua Baca Buku), dengan mengusung Tema : Melalui Peran Serta Orang Tua dan Masyarakat Kita Persiapkan Generasi Kartini masa depan yang berkualitas di Paud Madani, Sabtu (21/4/2018) pagi.

Meski disela kesibukannya dalam melaksanakan aktivitasnya, Usai menghadiri acara Gernas Baku, Ketua TP PKK Rohul bersama Bupati Rokan Hulu H. Sukiman menyempatkan untuk mengikuti Talk Show di Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Swara Lima Luhak Rohul terkait memperingati Hari Kartini.

Rombongan Bupati Sukiman dan Ketua TP PKK Rohul tiba di Studio Radio Swara Lima Luhak sekira Pukul 10.25 WIB yang disambut langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Rohul Gorneng S.Sos M.Si diwakili Sekretaris Diskominfo Rohul Zulfikri, S.Sos M.Si bersama Kabid E-Government M. Yudi Arfian SP M.Si dan crew Radio Swara Lima Luhak Rohul.

Dalam acara Talk Show memperingati Hari Kartini di Radio milik Pemerintah Daerah ini dipandu oleh Ermayani Sitanggang berjalan sukses. Dengan mendatangkan Narasumber sebagai sosok inspirasi kaum prempuan agar terus berjuang dan berkarya, Narasumbernya Selain Ketua TP PKK Rohul juga Kepala SMP LPMD Hj Nurbaiti sebagai penggiat Pendidikan.

Pada acara Talk Show tersebut, Dalam momentum Hari Kartini tahun 2018 ini Ketua TP PKK Rokan Hulu Hj Peni Herawati Sukiman mengaku sangatlah bermakna, pasalnya jasa-jasa Kartini sebagai seorang wanita berpengaruh dalam sejarah Indonesia dan sebagai motivasi bagi kaum perempuan untuk terus berjuang dan berkarya.

“Kita selain merayakan ulang tahun Kartini diharapkan 21 April ini juga sebagai penghargaan terhadap perjuangan perempuan untuk mendapatkan hak-hak mereka dalam masyarakat Indonesia, perjuangan Ibu Kartini tidak bisa kita pungkiri karena Kartini telah membuka sejumlah pintu bagi perempuan untuk mendapat pendidikan dan hak-hak lainnya,” kata Hj Peni

Lebih lanjut dikatakan Hj Peni, dirinya mengaku posisi perempuan Indonesia dan Rohul sudah banyak menjadi orang-orang hebat dan berada pada posisi-posisi strategis dalam lingkungan pemerintah maupun swasta dan lingkungan akademisi maupun tokoh-tokoh agama.

“Meskipun perempuan suskes dalam melaksanakan perannya, tapi juga dapat menjalankan peran sebagai istri dan ibu dari anak-anak dengan baik, dengan cara menjaga kwalitas komunikasi dengan anggota keluarga. Tetapi kita harus tetap membagi waktu yang baik, sehingga dapat menjaga keharmonisan rumah tangga dan keluarga,” kata Ketua PMI Rohul ini

Hj Peni menilai emansipasi Perempuan di Rohul saat ini sudah lebih baik dari pada tahun sebelumnya, hal itu terbukti dari banyaknya perempuan Rohul terjun dikancah Politik, Akademisi, Pemerintah, Wirausaha dan Swasta, sehingga sebagai pemicu semangat bagi perempuan.

“Saya menghimbau kepada perempuan Rohul teruslah berjuang dan berkarya kejarlah cita-cita dan impian sesuai dengan potensi yang dimiliki,” harap Hj Peni

Dalam momentum Hari Kartini, Hj Peni berpesan kepada kaum perempuan di Rohul untuk tetap semangat dalam meningkatkan emansipasi wanita namun tidak mengesampingkan kaidah-kaidah yang sudah ditetapkan dalam ajaran agama.

“Semoga makna Kartini ditahun ini dan tahun-tahun mendatang bukan sekedar memperingati dengan kegiatan-kegiatan tapi muncul kartini-kartini baru yang melegenda seperti Ibu Kartini, sebuah bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuan, teruslah maju dan berkarya dan kembang terus potensinya,” pinta Hj Peni

Kemudian, Narasumber dari kaum perempuan sebagai penggiat dan pejuang Pendidikan Kepala SMP LPMD Suka Maju Hj Nurbaiti M.MPd mengaku didinya membangun SMP LPMD sejak tahun 2015 lalu dengan menggunakan biaya sendiri untuk pendidikan bagi anak kurang mampu, dirinya mengaku terinspirasi membangun SMP di Desa Suka Maju karena banyak anak-anak putus sekolah didaerah tersebut.

“Saya sebelumnya mengucapkan selamat Hari Kartini, momentum hari Kartini ini kita jadikan sebagai mendongkrak semangat emansipasi wanita untuk terus berjuang dan berkarya, pada kesempatan ini, saya sedikit menceritakan untuk membangun SMP LPMD untuk masyarakat tidak mampu, karena melihat masyarakat desa yang tidak sekolah, karena ada bangunan tua puluhan tahun di KM 7 tidak difungsikan, kemudian hati nurani saya tergerak untuk membuka sekolah, walaupun ada halangan dan rintangan, seperti atapnya ambruk dan tumbuh kayu sampai diatap dan kami bersama masyarakat gotong royong sekuat tenaga membangun sekokah, jika dibagun dengan hati yang tulus pasti akan terwujud,” kata Hj Nurbaiti

Sementara itu Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan perjuangan RA Kartini sudah sepatutnya menjadi inspirasi bagi kaum perempuan Rohul, diharapkan kepada kaum perempuan di Rohul untuk tidak menyerah dan menjadi perempuan yang bersahaja dengan tidak meninggalkan keluhuran kodratnya sebagai seorang perempuan.

“Saya mengucapkan selamat Hari Kartini, semoga perempuan-perempuan Rohul menerapkan nilai-nilai perjuangan RA Kartini yang patut menjadi contoh dan motivasi bagi kita semua, terutama kaum perempuan Rokan Hulu masa kini yang merupakan generasi penerus perjuangannya,” harap Bupati Rokan Hulu.