TAPD Akan Lakukan Sinkronisasi Dengan Banggar DPRD Rohul

RAPBD Perubahan Kabupaten Rohul tahun anggaran 2018 dengan total sekitar Rp 1,8 triliun yang telah diserahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, telah selesai dilakukan evaluasi.

Hasil evaluasi APBD Perubahan Rohul tahun 2018 itu, sudah diterima dan diserahkan Pemprov Riau ke Pemkab Rohul. ’’Pemprov Riau telah selesai mengevaluasi RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018. Hasil evaluasi RAPBD Rohul itu, SK nya telah diteken Pak Gubernur Riau. Hasil evaluasi sudah kita jemput Senin (22/10) kemarin,’’ ungkap Sekda Rohul
H Abdul Haris SSos MSi kepada wartawan, Selasa (23/10), terkait perkembangan hasil evaluasi RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018 oleh dan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau.

Menurutnya, dengan telah keluarnya SK Gubernur Riau tentang evaluasi APBD Perubahan Rohul tahun 2018, tahapan selanjutnya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Rohul akan lakukan sinkonisasi  Selasa (23/10).

‘’Hari ini (Selasa,red), TAPD Rohul melakukan rapat sinkronisasi atau penyempurnaan terhadap hasil evaluasi APBD Perubahan Rohul tahun 2018 yang telah diserahkan Pemprov Riau itu. Dari catatan yang disampaikan Pemprov Riau itu, kita mengikuti arahan sesuai dengan aturan yang berlaku,’’ ujar Ketua TAPD Rohul itu

Disinggung catatan-catatan dari hasil evaluasi RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018 yang telah diterima Pemkab Rohul, Sekda mengaku secara umum, dari hasil evaluasi itu, tata cara penyusunan telah sesuaikan dengan aturan yang berlaku, terhadap penyusunan RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018.

Namun, saran dan masukan ada diberikan Pemprov Riau terhadap Ranperda RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018 itu. Yang jelas, dari hasil evaluasi Pemprov Riau, apa yang menjadi hasil kesepakatan pembahasan RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018 antara Banggar DPRD dengan TAPD Rohul hingga disetujui RAPBD Perubahan Rohul tahun 2018 oleh DPRD, tetap mengacu pada aturan yang berlaku.

Sekda menjelaskan, hasil singkronisasi antara TAPD bersama Banggar DPRD Rohul ini ditetapkan dengan surat persetujuan oleh Banggar DPRD Rohul untuk melaksanakan hasil evaluasi Pemprov Riau.

’’Selanjutnya, persetujuan penetapan Perda tentang APBD Perubahan Rohul tahun 2018 oleh DPRD yakni Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH. Setelah itu dilanjutkan penetapan Peraturan Bupati (Perbub) tentang APBD Perubahan 2018 dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) OPD. Maka kegiatan yang tertuang didalam APBD Perubahan Rohul 2018 sudah dapat dilaksanakan dan diproses pencairannya oleh masing-masing OPD Rohul,’’ ujarnya.