UP2K Rohul Tingkatkan Perekonomian Keluarga

Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman, menutup kegiatan sosialisasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) tingkat Rohul, yang sudah digelar selama dua hari.

Sosialisasi UP2K yang digelar di Gedung Dharma Wanita Permaisuri Pasir Pangaraian, dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman serta 100 peserta yang mengikuti sosialiasi dengan tema “Sosialisasi Administrasi dan Upaya Percepatan Perkembangan Kelompok UP2K” selama dua hari sejak Minggu (25/11/2018) dan ditutup Senin (26/11/2018).

Kegiatan, ditaja TP PKK Rohul, bekerjasama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disos P3A) Rohul, menghadirkan narasumber dari Provinsi Riau. Dikegiatan itu, hadir Plt Kadisos P3A Rohul Ir.M.Ruslan.M.Si, Ketua Pokja I,II,III dan IV, serta seluruh anggota Pokja II TP PKK Kabupaten.

Dalam laporannya, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati mengatakan, dari 100 peserta yang mengikuti soisialiasi, terdiri dari 18 Ketua TP PKK  Kecamatan, Bendahara UP2K Kecamatan 16 orang, Kelompok pelaksana (Poklak) yang aktif dimasing-masing Kecamatan 68 orang.  

“Melalui kegiatan sosialisasi, untuk memberikan pengetahuan kepada kelompok UP2K tentang tertib administrasi UP2K PKK di kelompoknya sesuai pedoman. Juga untuk membina serta mengembangkan kegiatan usaha keluarga yang tergabung dalam kelompok atau perorangan, sehingga secara bertahap mampu menjadi wiraswasta serta memungkingkan timbulnya keguatan yang koperaktif,” tegas Hj Peni Harawati.

Juga ditegaskan Hj Peni, diharapkan dengan adanya sosialiasi selama dua hari maka akan membuka serta memperluas kesempatan bagi kaum perempuan untuk mengembangkan potensi dirinya, serta tingkatkan kesejahteraan hidupnya melalui bantuan modal usaha Program UP2K.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H Sukiman dalam amanatnya, berharap agar bisa mempercepat perkembangan kelompok UP2K di kabupaten Rohul. Dengan meningkatnya kondisi ekonomi keluarga, maka mereka akan memiliki kemampuan meningkatkan kondisi kesehatan, pendidikan, dan keterampilan.

“Kedepannya kita harapkan, ekonomi keluarga bisa meningkat. Sehingga diharapkan dari kegiatan yang diikuti bisa diterapkan oleh kelompok UP2K di seluruh Kecamatan se-Rohul. Dengan begitu, akan terjadi peningkatan ekonomi kaum keluarga terutama di lingkungan keluarganya,” harap Bupati Sukiman.

Dengan meningkatnya ekonomi keluarga melalui kelompok UP2K, maka kedepannya diharapkan kaum perempuan akan lebih mandiri. Dan nantinya dapat bedampak terhadap kesehatan, peningkatan ekonomi keluarga serta meningkatnya ekonomi masyarakat kita di Rohul ini. Sehingga kelompok UP2K sangat berperan penting, ikut tingkatkan ekonomi keluarganya.