3.033 Warga dari 4 Kecamatan Terima Bantuan BST Kemensos di Kantor Pos Cabang Pasir Pengaraian

3.033 Warga dari 4 Kecamatan Terima Bantuan BST Kemensos di Kantor Pos Cabang Pasir Pengaraian

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) terus berupaya membantu warga yang terdampak secara ekonomi akibat Pandemi Covid-19, baik bantuan dari Pemkab Rohul melalui PMI 1.000 paket sembako, BPNT, Prakerja dan BLT-DD.

Selain itu Batuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) juga sudah dimulai perdana penyalurannya pada Kamis (14/5/2020) di Kecamatan Rokan IV Koto.

Kemudian pada Sabtu (16/5/2020) pagi disalurkan untuk 4 (empat) Kecamatan, seperti Kecamatan Rambah, Rambah Hilir, Rambah Samo dan Bangun Purba. Penyaluran BST Kemensos RI ini melalui Kantor Pos Cabang Pasir Pengaraian sebanyak 3.033 KK.

Pantauan Sejak pagi Sabtu, ribuan warga penerima manfaat BST Kemensos ini telah memenuhi Kantor Pos Cabang Pasir Pengaraian dan Tenda yang telah disiapkan panitia. Meski demikian, warga tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan memakai masker dan Physical Distancing.

Bupati Rohul H. Sukiman saat dikonfirmasi mengatakan Pemkab Rohul terus berjuang dan berupaya untuk membantu warga yang terdampak Covid-19. Pemkab melalui Dinsos P3A Rohul dan PMI Rohul juga sudah menyalurkan bantuan 1000 Paket Sembako.

Kemudian BST dari Kemensos ini merupakan program dari Kementerian Sosial untuk masyarakat miskin terdampak Pandemi Covid-19. Setiap keluarga penerima manfaat akan mendapat Rp 600.000 setiap bulannya selama tiga bulan, mulai April sampai dengan bulan Juni 2020.

“Untuk Rohul hari Kamis kemarin sudah mulai disalurkan untu wilayah Rokan IV Koto, Kemudian hari ini Sabtu pagi bantuan BST disalurkan untuk 4 kecamatan (Rambah, Rambah Samo, Bangun Purba dan Rambah Hilir) dengan jumlah 3.033 KK di Kantor Pos Cabang Pasir Pengaraian,” terang Sukiman.

Agar bantuan tersebut tepat sasaran, Bupati H. Sukiman mengaku sebelumnya sudah meniginstruksikan Camat dan Kades untuk melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan ke Kemensos, sehingga terdata 9.169 KK warga Rohul yang telah ditetapkan oleh Kemensos penerima manfaat BST.

“Untuk tahap pertama, Kabupaten Rohul mendapat Kuota 7.981 keluarga penerima manfaat untuk bantuan BST. Sehingga data penerima bantuan sudah transparan akuntabel dan tepat sasaran,” katanya.

Bupati H. Sukiman berharap kepada Keluarga Penerima Manfaat BST Kemensos RI ini dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga sehari-hari, agar Program Pemerintah itu benar-benar bermanfaat bagi masyarakat terdampak wabah virus corona atau Covid-19.

Sementara itu, Camat Rambah Arie Gunadi, S.STP mengatakan proses penyaluran BST di Kantor Pos Cabang Pasir Pengaraian berjalan lancar. Ia juga meminta kepada warga penerima manfaat tetap mematuhi protokol kesehatan,

“Kami bersama Kapolsek dan Danramil juga telah menghimbau warga penerima manfaat harus melakukan Phisical Distancing dan memakai masker,” katanya.

Ari Gunadi mengaku ada beberapa kendala warga terkait penerimaan BST, seperti ketidakcocokan NIK, informasi dari Kantor Pos jika ada perbedaan NIK maka ditunda dulu penyalurannya.  Solusinya nanti akan dikomunikasikan dengan pihak Pos.

“Tapi ini kan baru untuk penyaluran bulan pertama, jadi sambil berjalan kita cari solusi dan sebagai bahan evaluasi bagaimana yang penting warga yang layak menerima dan terdaftar tetap bisa kita bantukan,” kata Ari.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Cabang Pasir Pengaraian Adriyanto mengatakan Hari ini mulai menyalurkan BST Kemensos untuk 4 Kecamatan, seperti Kecamatan Rambah, Rambah Samo, Bangun Purba dan Rambah Hilir, yang berjumlah 3.033 KK warga penerima manfaat.

Tambahnya, syarat administrasi Penerima manfaat BST, Keluarga Penerima Manfaat membawa surat pemberitahuan dengan melengkapi dokumen seperti KTP atau KK dan mengikuti Protokol Kesehatan dengan memakai masker dan physical Distancing.

“Memang masih ada kendala namun tidak seberapa terkait NIK yang berbeda dengan surat pemberitahuan, ada juga yang dikuasakan boleh asal dalam satu KK. Untuk bantuan tahap pertama bulan April sebesar Rp 600.000 per kepala keluarga yang terdampak wabah Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Zaidar Warga Penerima Bantuan dari Tanjung Harapan, Kelurahan Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah ini mengaku sangat senang dan antusias menerima BST dari Pemerintah. Meski bantuannya tidak seberapa, namun BST tersebut dikauinya sedikit terbantu dalam menghadapi dan memenuhi kebutuhan jelang lebaran Idul Fitri.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu