Hadiri Haul Syekh Masum Tambusai Ke-60, Wabup : Beliau Sosok Ulama Kharismatik yang Patut Diteladani

Hadiri Haul Syekh Masum Tambusai Ke-60, Wabup : Beliau Sosok Ulama Kharismatik yang Patut Diteladani

Mewakili Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, Wakil Bupati (Wabup) Rohul H. Indra Gunawan menghadiri Peringatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-60, yang dipusatkan di Surau Suluk Kuala Tambusai, Desa Sungai Kumango, Kecamatan Tambusai, Rohul, Rabu (21/7/2021).

 Peringatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-60, selain Wabup,  tampak juga dihadiri Camat Tambusai Muammar Ghadafi S.Sos, Kepala Desa Sungai Kumango Ali Usin Hasibuan, Pimpinan Surau Suluk Tariqat Naqsabandiyah Kuala Tambusai Kh Khairul Saleh dan ratusan Jamaah.

Dalam kegiatan itu, Panitia juga membaca riwayat dan silsilah Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-60 yang menginspirasikan banyak orang, terutama dalam pengembangan syiar Agama Islam.

Sementara itu, Wakil Bupati Rokan Hulu H. Indra Gunawan dalam sambutanya mengatakan momentum Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai Ke 60 tahun ini diharapkan masyarakat dan generasi muda meneladani ajaran Tuan Guru Syekh Ma’sum Tambusai dalam kehidupan sehari-hari.

"Karena kita ketahui bersama bahwa Syekh Ma’sum ini adalah ulama yang kharismatik,  seorang ulama ahli fikih, seorang sufi sekaligus mursyid pemimpin tareqat Naqsyabandiyah," jelasnya.

"Yang Namanya bukan hanya dikenal di Rokan Hulu saja namun sudah terkenal dan dikenang luas bahkan sampai hari ini khususnya oleh masyarakat Sumatra termasuk kita yang ada disini," tambah Wabup.

Lanjut Wabup dalam sambutannya, Syekh Ma'sum merupakan sosok ulama yang harus dikenang dan diteladani bersama. Selain sebagai sosok ulama terkemuka, beliau juga memiliki karomah dari Allah SWT.

"Pada hari ini kita berkumpul disini selain melaksanakan Haul Syekh Ma'sum juga untuk mengenang kembali sosok ulama terkemuka dan munculnya karomah pada seorang ulama atau wali Allah merupakan penghormatan atau pemuliaan dan isyarat dari Allah atas eksistensi seorang wali di sisi-Nya".

"Karomah ini tidak dimiliki semua orang kecuali mereka yang diridhoi oleh Allah dan Alhamdulillah di Rokan Hulu ada ulama yang memiliki karomah yang selalu menunjukkan kepribadian baik dan meniru jejak Rasulullah SAW dan menjalankan sunnah-Nya".

"Beliau adalah Syeh Ma’sum, untuk itu kami mengharapkan kepada seluruh kita semua agar dalam menjalankan kehidupan ini hendaknya sesuai dengan wasiatnya agar kita selamat dunia dan akhrat," ajak Wabup.

Wabup H. Indra Gunawan mengatakan atasnama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mengapresasi Peringatan Haul Syekh Ma'sum Tambusai ke-60, kegiatan ini diharapkan sebagai syiar islam terus berkembang di negeri seribu suluk ini,  terkhusus bagi para generasi muda sekarang harus dibentengi dengan ilmu agama.

"Kita menyikapi kondisi generasi muda saat ini membuat kita semakin prihatin. Arus globalisasi tidak saja memberikan efek positif untuk perbaikan, tetapi juga membawa dampak negatif yang mempengaruhi perilaku generasi muda," jelasnya.

"Untuk itu mari kita belajar dari para ulama dan mempererat tali persatuan dan kesatuan, menjunjung tinggi toleransi dan mempererat ukhuwah islamiyah". 

"Karena melalui persatuanlah akan terwujud ketentraman dan ketertiban dimasyarakat, sehingga kita semua dapat melaksanakan Pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu yang sama-sama kita cintai ini," harap Wabup.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu