Masjid Bisikan Gaib Ponpes H. Bahtiar Perdana di Pakai, Pemkab Harap Pengusaha Berhasil Ikut Tingkatkan SDM Rohul

Masjid Bisikan Gaib Ponpes H. Bahtiar Perdana di Pakai, Pemkab Harap Pengusaha Berhasil Ikut Tingkatkan SDM Rohul

Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bangga dan mendukung Pembangunan Mesjid dan Pondok Pesantren (Ponpes) Basma Darul’Ilmi Wassa’adah, yang ikut membantu program keagamaan dan pendidikan untuk membentuk generasi berakidah dan berilmu pengetahuan.

Mesjid Ponpes Basma Darul’ilmi Wassa’adah yang berdiri megah ini terletak di Desa Kepenuhan Mulya, Kecamatan Kepenuhan, Rohul, Riau, pada Jum’at (30/4/2021) sudah mulai difungsikan pemakaiannya ditandai dengan pelaksanaan Shalat Jum’at Perdana. Dengan Khatib Ustadz Yulihesman S.Ag yang membahas Keutamaan membangun Mesjid dan Pondok Pesantren.

Dan jamaahnya tampak juga Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Pemilik Ponpes Basma Darul’ilmi Wassa’adah H. Bahtiar dan Keluarga, Kabag Ekbang Setda Rohul DR Bisman B. SSi MM,

Kabid PIKP Diskominfo Rohul H. Erwan SP M.Agric Sc, Camat Kepenuhan Gustia Hendri S.Sos M.Si, Kapolsek Kepenuhan AKP Dasril, Tokoh masyarakat, tokoh agama dan ratusan masyarat sekitar.

Plh Bupati Rohul Abdul Haris mengaku senang bisa melaksanakan Sholat Jum’at Perdana di Mesjid Ponpes Basma Darul’ilmi Wassa’adah. Mesjid megah yang dibangun secara Pribadi oleh bapak H. Bahtiar ini mendukung program Pemerintah dibidang keagamaan dan menciptakan SDM generasi agamis.

“Pada hari ini kita melaksanakan Shalat Jum’at Perdana di Mesjid Ponpes Basma Darul’Ilmi Wassa’adah yang baru dibangun oleh bapak H. Bahtiar. Beliau ini memiliki keinginan yang luar biasa bagaimana menyediakan fasilitas ibadah, pendidikan dan juga menyediakan Ponpes disatu tempat,” kata Abdul Haris.

“Ini suatu tempat yang megah yang luar biasa dibangun secara pribadi tentu kita dari masyarakat Rohul berterima kasih, dengan adanya Mesjid dan Ponpes ini memberi kesempatan bagi masyarakat disini maupun yang melewati tempat ini bisa melaksanakan ibadah,” tambahnya.

Haris mengaku Pemkab Rohul mengucapkan terima kasih kepada H. Bahtiar dan Keluarga yang memiliki inisiatif membangun sarana agama dan pendidikan serta fasilitas yang dibangun dikomplek Mesjid Ponpes Basma Darul’ilmi Wassa’adah.

“Hari ini masih membangun fasilitas dan Ponpes, karena Mesjid ini adalah mendukung adanya Pesantren yang dibangun beliau dilokasi yang sama, dengan harapan bisa mendidik putra putri Kabupaten Rohul,” harapnya.

“Tadi sekilas disampaikan kepada Pemkab Rohul, bahwa Ponpes ini nanti akan diutamakan masyarakat yang kurang mampu, seperti anak yatim dan fakir miskin, ini luar biasa dan perlu support kita semua, kita doakan semoga cita-cita beliau ini bisa terlaksana sehingga nanti masyarakat Rohul bisa memanfaatkan fasilitas sekolah dan mesjid ini,” pungkanya.

Ditempat yang sama, Pemilik Ponpes Basma Darul’Ilmi Wassa’adah H. Bahtiar menjelaskan niat dan rencananya membangun Pesantren ini berawal ketika dia bersama 13 keluarganya melaksanakan Ibadah Haji di Mekah Al-Mukarromah, tiba-tiba dia mendapat bisikan ghaib, Ia diminta untuk membangun sebuah Pesantren.

“Apa motivasi dan sebab kami membangun Pesantren ini, karena sewaktu kami sekeluarga ke Mekkah sebanyak 13 orang, datanglah sesuatu, katakan manusia kita tidak nampak, dikatakan Malaikat kita tidak tahu, ditamparnya belakang saya, sambil berkata “Bangun pak Pesantren, Bangun pak Pesantren, Bangun pak Pesantren,” kata H. Bahtiar.

“Ketika saya menoleh kebelakang tidak ada nampak manusia satu pun, jadi mulai dari situ jadi pemikiran dan saya tak tenang. Sehingga, saya pun memulai menabung dan menyimpan apa adanya selama 15 Tahun, baru lah saya mulai membangun Mesjid dan Ponpes ini,” jelas H. Bahtiar.

Lanjutnya, kedepanya Mesjid dan Ponpes Basma Darul’Ilmi Wassa’adah ini akan dipimpin Anaknya yang saat ini belajar di Mekkah Al-Mukarromah.

“Berkebetulan anak saya pun masih sekolah di Mekkah, tahun ini Insyallah beliau pulang menjelang lebaran tahun depan. Dia lah nanti sebagai Pimpinan Ponpes Basma Darul’Ilmi Wassa’adah ini,” katanya.

Tambah H. Bahtiar, Niat baiknya untuk membangun Mesjid dan Ponpes ini bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi melainkan untuk membantu pendidikan masyarakat fakir miskin dan anak yatim.

“Alhamdulillah sudah kita buatkan fondasi, Kemudian kita pun tidak meminta uang pembangunan sama masyarakat yang mau sekolah, paling yang hanya dibayar uang makan, pakaian beli kitab itu yang dibayar oleh Wali Murid,” ujarnya.

“Mesjid ini belum kita resmikan, kita resmikan setelah selesainya pembangunan Ponpes dan fasilitas semuanya baru kita resmikan dan Mesjid ini pun belum kita berikan nama, baru pemakaian Perdana hari ini Shalat Jum’at,” katanya.

Ia menjelaskan, Ponpes Basma Darul’ilmi Wassa’adah ini akan memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum.

“Insyallah mudah-mudahan bagi wali murid yang mau ikhlas dan yakin percaya ditempat kita ini kita siap menerima untuk sekolah pendidikan agama, kita utamakan paling tidak 50 persen ilmu agama dan 50 persen umum, jadi dia nanti punya ijasah pondok dan ijasah umum,” terangnya.

“Jenjang Pendidikan sampai tingkat MA, setelah selesai MA, kalau ada panjang umur saya, murah rezeki langsung kita bangun Fakultas untuk Universitas. Kita Urus demi kepentingan masyarakat, buka untuk pribadi”.

“Kalau untuk pribadi bagus saya bangun di Pekanbaru dapat duit saya lagi, uang pembangunan 25 juta per orang, 18 juta paling murah, tapi saya tidak ada niat untuk mencari duit, Cuma ini niat saya untuk Ibadah kepada Allah SWT,” katanya.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu