Tambusai Utara Zona Merah, Tim Yustisi Temui Warga Kurang Disiplin Prokes

Tambusai Utara Zona Merah, Tim Yustisi Temui Warga Kurang Disiplin Prokes

Tim Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sejak 3 malam terakhir gencar melaksanakan Opreasi Yustisi didaera Zona Merah resiko tinggi penularan Covid-19.

Seperti pada Jum’at (7/4/2020) malam, Tim Satgas Covid-19 Rohul melakukan Operasi Yustisi di Kecamatan Tamubusai Utara, yang dipusatkan di Desa Bangun Jaya. Dari Operasi Yustisi itu masih menemukan warga yang tidak mengenakan masker.

Meski Tambusai Utara masuk zona merah penyebaran Covid-19, banyak warga di Tambusai Utara yang tak memakai masker saat keluar rumah, dan masih didapati berkerumun di warung atau caffe- cafe yang didominasi anak-anak muda dan Pelaku usaha tak Patuhi Prokes.

Operasi Yustisi di Kecamatan Tambusai Utara ini dipimpin langsung Ketua Satgas Covid-19 Rohul Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris didampingi Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat dan Waka Polres Rohul Kompol Adi Prabowo.

Selain itu, Kabag Ops Polres Rohul Kompol John Firdaus, Kasat Lantas AKP Bagus Harry Priambodo, Paur Humas Polres Rohul Ipda Refly Setiawan Harahap dan Plt Kadishub Rohul Minarli Ismail SP.

Termasuk Kapolsek Tambusai Utara Iptu D. Raja Putra Napitupulu dan personel, Camat Tambusai Utara Mastur, Kepala Desa Bangun Jaya Yusrianto, personel TNI dan Polri, Satpol PP dan tim lainnya.

Operasi Yustisi dimulai pukul 21.00 WIB, Kapolres dan Plh Bupati Rohul menyisir tempat keramaian, mulai warung, cafe, pertokoan dan swalayan, mendapati masih banyak warga berkerumun namun tidak memakai masker.

Usai Operasi Yustisi, Plh Bupati Rohul Abdul Haris yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Rohul mengaku, operasi yustisi sengaja dilaksanakan di Kecamatan Tambusai Utara agar warga tetap patuh dan mengikuti anjuran pemerintah, terkhusus penerapan protokol kesehatan.

Abdul Haris menerangkan, operasi yustisi dilaksanakan secara sinergi antara Kepolisian dan Pemkab Rohul sebagai, upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Operasi yustisi telah memberikan hasil positif. Seperti operasi di Kecamatan Rambah yang sebelumnya zona merah, kini sudah berubah jadi zona oranye.

"Pemkab Rohul sangat mendukung Polres Rohul dan tim gabungan, yang terus melaksanakan Operasi Yustisi di Kabupaten Rohul, dengan harapan ke depannya daerah ini kembali menjadi zona hijau," harap Sekda.

Diakui Plh Bupati, masih ada lima kecamatan yang masuk zona merah, yakni Kecamatan Ujung Batu, Kabun, Kunto Darussalam, Pendalian IV Koto, dan Kecamatan Tambusai Utara. Kecamatan Tambusai Utara sendiri, kini ada sekitar 44 warga yang diduga terpapar Covid-19, baik yang sedang dirawat di rumah sakit serta isolasi mandiri.

"Kita berharap, operasi yustisi di Desa Bangun Jaya menyadarkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, serta selalu memakai masker," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kapolres AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat mengatakan operasi Yustisi ditingkatkan bertujuan menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena saat ini ada lima kecamatan masuk zona merah, termasuk Kecamatan Tambusai Utara.

Kapolres kemudian beri arahan dan imbauan ke warga Tambusai Utara, yang lagi nongkrong di warung atau caffe, pengendara dan sedang belanja di mini market agar mereka tetap masker dan tidak berkerumun.

Selain diberi surat edaran Bupati Rohul, pemilik usaha juga diminta Kapolres selalu menerapkan protokol kesehatan, termasuk sediakan fasiltas cuci tangan lengkap dengan sabun, serta menyusun kursi atau bangku tidak berdekatan.

Para pelaku usaha, juga diimbau dan diingatkqn Kapolres agar selalu mematuhi aturan yang dikeluarkan Pemkab Rohul, terkait jam operasional, dan pembatasan pengunjung.

"Diharapkan, dengan upaya yang kita lakukan tanpa secara terus menerus, diharapkan bisa mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 di tempat-tempat keramaian dan tempat-tempat perbelanjaan," pesan Kapolres.


Selamat Datang Diwebsite Resmi Kabupaten Rokan Hulu , Website ini Merupakan Bentuk dari Keterbukaan Informasi Kabupaten Rokan Hulu . Segala Informasi Yang ditayangkan merupakan informasi yang Valid. Jika Ada Permasalahan dalam Penayangan Silahkan Hubungi Pihak Pengelola Diskominfo Rokan Hulu